Home Pemda Dogiyai Bupati Dogiyai Tutup Bimtek Aparat Desa Tahun 2021

Bupati Dogiyai Tutup Bimtek Aparat Desa Tahun 2021

suroso  Selasa, 12 Oktober 2021 20:25 WIT
Bupati Dogiyai Tutup Bimtek Aparat Desa Tahun 2021

DOGIYAI - Bupati Kabupaten Dogiyai, Yakobus Dumupa, SIP, MIP secara resmi menutup kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Kepala Kampung, Sekretaris Kampung, dan Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) Tahun 2021. Kegiatan dipusatkan di Aula Gereja Kingmi Digikotu, Dogiyai, Sabtu (9/10/21) sekitar pukul 13.00 WIT.

Penutupan Bimtek dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Dogiyai, Sekda Drs. Petrus Apaga, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), Damiana Tekege SH, M.Hum beserta sejumlah pejabat di lingkungan Dinas PMK, para pejabat dan 237 peserta dari 79 kampung di seluruh wilayah Dogiyai.

Sebelum memulai menyampaikan sambutan singkatnya, bupati energik yang mantan anggota Majelis Rakyat Papua turun dari podium dan berjalan mendekati peserta. Dalam nada guyon, ia mengatakan oleh karena banyaknya peserta yang merupakan kepala kampung, yang baru terpilih maka memilih lebih dekat.

“Saya tidak kenal kepala-kepala kampung baru. Jadi saya lebih dekat lagi. Kita liat dorang punya muka-muka yang ganteng kah, jelek kah,” ujar Bupati Dumupa bercanda sembari mendekati Kepala Kampung Ikrar. Para peserta tertawa.

Bupati sempat bertanya, “Kemarin jadi kepala kampung untuk apa ?” “Saya kemarin jadi kepala kampung untuk membangun kampung,” jawab Kepala Kampung Ikrar saat ditanya Bupati Dumupa. 

Suasana berlangsung penuh kekeluargaan dan persaudaraan antara Bupati sebagai orang nomor satu Dogiyai dengan para kepala kampung yang notabene pemimpin tingkat paling paling bawah.

Bupati menanyakan apakah Kepala Kampung Ikrar siap membangun kampung dan yang ditanya menjawab siap membangun kampung. “Kalau tidak membangun?,” tanya Bupati dan dijawab, “Kalau tidak membangunan saya dikenakan sanksi,” katanya. “Siap dipecat?,” tanya Bupati. “Siap,” jawab Kepala Kampung Ikrar.

Bupati menanyakan hal tersebut sebagai bentuk komitmen para peserta agar siap mengemban tugas setelah mengikuti kegiatan bimtek peningkatan kapasitas aparatur kampung. Pertanyaan serupa juga diajukan Bupati Yakobus Dumupa kepada peserta lain agar usai mengikuti kegiatan penting itu mereka tetap menjaga semangat dalam mengabdikan pikiran dan tenaganya bersama memajukan kampung masing-masing.

“Saya meminta kepada para peserta agar sekembali ke kampungnya masing-masing memberikan ilmu dan pemahaman yang baik kepada masyarakatnya agar kampung semakin hari semakin maju,” kata Bupati Yakobus Dumupa. Ia juga meminta agar bila ada persoalan di kampung, kepala kampung ajak masyarakat dan duduk bersama untuk menyelesaikan dengan secara kekeluargaan.


Dana Kampung


Sekda Kabupaten Dogiyai, Petrus Agapa meminta para kepala kampung (kakam) atau kepala desa, sekretaris kampung, dan aparat Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) memanfaatkan dana desa tepat sasaran guna memajukan berbagai program yang direncanakan melalui musyawarah kampung.

“Saya minta dan memohon kepada seluruh kepala kampung, sekretaris kampung, dan aparat Bamuskan agar melalui kegiatan bimbingan teknis, bimtek agar sekembali ke kampung masing-masing memanfaatkan dana desa tepat sasaran membangun kampung,” kata Sekda Dogiyai Petrus Agapa mewakili Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa saat membuka acara Bimtek, Senin (4/10/21).

Petrus Agapa juga meminta agar usai kegiatan bimtek para peserta perlu duduk bersama dengan warga dan berembuk untuk menentukan berbagai program prioritas melalui musyawarah dan mufakat guna memanfaatkan dana kampung memajukan masyarakat dan kampung masing-masing.

Bimtek penting dilaksanakan mengingat nyaris sebagian besar kepala kampung baru saja terpilih melalui Pilkakam serentak pekan terakhir Juli 2021. Para kepala kampung yang baru terpilih dan aparat itu perlu dibekali dengan kemampuan personal dalam mengelola dana desa bersama warga masyarakat guna memajukan kampungnya.

“Para kepala kampung yang baru terpilih banyak wajah baru dengan kapasitas dan kapabilitas personal berbeda-beda. Mereka dituntut mengatur masyarakat dan mengelola anggaran demi kemajuan bersama. Saya mengimbau para kepala kampung yang baru terpilih agar wajib mengikuti kegiatan bimtek ini dengan sungguh-sungguh agar memilik bekal ilmu dan pengetahuan teknis manajemen keuangan memadai,” ujarnya.

Pihaknya juga mengapresiasi Kepala Dinas PMK Damiana Tekege dan jajarannya atas kerja keras merencanakan dan mempersiapkan Bimtek, termasuk menghadirkan pemateri berkompeten di bidangnya guna memberikan bekal berguna kepada para peserta agar mengelola dana kampung sesuai aturan serta transparan.

“Saya mengapresiasi kerja keras Ibu Kepala Dinas PMK Dogiyai dan jajaran karena bisa menghadirkan nara sumber yang berkompeten dalam bidang pemerintahan kampung serta bidang lain yang berhubungan dengan penggunaan dan pengelolaan dana desa. Materi itu tentu terkait erat dengan peraturan perundang-undangan dan ketentuan lain dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia,” katanya.

Kepala Dinas PMK Damiana Tekege mengatakan, pihaknya menyampaikan penghargaan kepada Bupati melalui Sekda Dogiyai berkenan membuka kegiatan bimtek bagi para kepala kampung dan aparat Bamuskam. Bimtek akan berlangsung selama seminggu.

“Saya atas nama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Dogiyai menyampaikan terima kasih kepada Bapak Sekda mewakili Pak Bupati berkenan membuka kegiatan bimtek. Perlu saya sampaikan kepada Bapak Sekda bahwa para kepala kampung, sekretaris kampung, dan Bamuskam adalah aparat yang mampu. Mereka adalah pemimpin pilihan warga yang tentu mengabdi sesuai tugas dan fungsi di kampung masing-masing. Namun, mereka semua tentu perlu bekal melalui bimtek ini,” kata Damiana.

Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Dogiyai Dr Ferdinant Pakage, MM mengemukakan, bimtek bagi 79 kepala kampung, sekam, dan bamuskan memiliki peran strategis dalam pengambilan kebijakan di kampung guna memajukan warga masyarakat.

“Kami berharap agar melalui bimtek ini para kepala kampung dan aparaturnya membangun kampungnya masing-masing berpedoman Undang-Undang Desa Tahun 2014. Mereka juga diharapkan bersama warganya menggali berbagai sumber dan potensi yang dimiliki memajukan kampung dan warga masyarakat sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku,” kata Ferry Pakage.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Dogiyai Ibu Damiana Tekege dan jajarannya yang memfasilitasi kami untuk kami belajar selama Bimtek berlangsung. Tentu dengan harapan bahwa kami yang punya Garuda di kampung mampu menjalankan pemerintahan kampung masing-masing dengan baik dan penuh tanggungjawab,” kata Kepala Kampung Bomomani Emilianus Tigi. (eby)


Polling has no value
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan