Home Nabire Nabire Menuju Ekspor Kopra

Nabire Menuju Ekspor Kopra

suroso  Selasa, 19 Oktober 2021 10:32 WIT
Nabire Menuju Ekspor Kopra

NABIRE – Kabupaten Nabire akan mengekspor kopra ke luar Papua, persiapannya sudah ada gedung pengolahannya, tinggal menambah fasilitas penunjang berupa gedung. Hal ini dalam rangka meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga dengan memberdayakan sumber daya lokal yang tersedia di daerah ini. Persiapan menuju ekspor kopra, beberapa fasilitas penunjang sudah mulai disiapkan Dinas Perindustrian Kabupaten Nabire, dengan memanfaatkan dana yang ada di tengah keterbatasan. Sementara bahan baku berupa kelapa sudah bisa diperoleh dari masyarakat dari kawasan pesisir dan kepulauan di daerah ini.

Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Nabire, Janic Iji didampingi beberapa kepala bidang dalam pertemuan dengan Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nabire di ruang Komisi B gedung dewan, Senin (18/10) mengatakan pengembangan insdustri melalui pengolahan kopra ini untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Nabire terutama masyarakat dari pesisir dan kepulauan yang selama ini ke pasar dan pendapatan yang diperoleh tidak sebanding dengan pendapatan yang diharapkan. Dengan dibangunnya industri pengolahan kopra, akan membantu masyarakat di kampung untuk meningkat pendapatan ekonomi.

Dalam pertemuan tersebut, Iji juga mengakui untuk mempromosi potensi sumber daya lokal berupa kelapa dan rencana industri pengolahan kopra di Nabire, pihaknya sudah berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait di luar Nabire, beberapa bulan lalu. Dan tanggapannya, kolega Dinas Perindustrian dari Makassar menyatakan siap untuk membantu memasarkan kopra asal Nabire melalui mitra untuk ekspor ke Surabaya.

Iji menjelaskan, Dinas Perindustrian Kabupaten Nabire sudah menyiapkan lahan industri kopra di Kampung Werbak, Distrik Kimi (tapal batas antara Distrik Teluk Kimi dan Distrik Kimi –red). Dan Dinas Perindustrian Kabupaten Nabire sudah menyiapkan gedung untuk pengolahan kopra, tinggal menambah fasilitas penunjang berupa gedung.

Sekalipun, pemerintah Kabupaten Nabire melalui Dinas Perindustrian sedang berjuang Nabire menuju ekspor kopra, Iji mengungkapkan, tantangan untuk mempercepat pengembangan perindustrian di daerah ini terkendala dengan tidak adanya rencana jangka menengah pengembangan kawasan industri sehingga kurang diperhatikan pemerintah dalam usaha pengembangan insdustri di daerah ini. Jika Nabire sudah punya rencana pengembangan kawasan perindustrian, kesulitan dana bisa diupayakan melalui rencana pengembangan industry ke pemerintah daerah dan pusat. 

Untuk mendukung industri kopra di Werbak, Iji meminta DPRD bersama pemerintah untuk menyiapkan armada angkutan kelapanya masyarakat dari Kampung Makimi, Samabusa dan Kalibobo yang selama ini didarati masyarakat kepulauan memasarkan potensi lokalnya ke Werbak. Karena, jika masyarakat berupaya sendiri mengangkut kelapa ke Werbak, butuh biaya tambahan untuk angkutan. Tetapi jika pemerintah menyiapkan sarana angkutan, masyarakat terbantu dengan pengeluaran sebagian biaya angkutan ke pabrik.

Kadis Perindustrian, Iji juga mengatakan pihaknya berencana membangun dermaga tambatan perahu masyarakat di Kampung Werbak. Untuk itu, Iji meminta dukungan Dewan dan pemerintah agar terwujud sehingga membantu masyarakat dekat ke pabrik dibanding melalui lokasi pendaratan perahu di tempat lain.

Wakil Ketua Komisi B, Musa Malisa bersama anggota Komisi B mengapresiasi upaya Dinas Perindustrian Kabupaten Nabire yang tengah menyiapkan target Nabire ekspor kopra. Karena, Dinas Perindustrian ikut menyiapkan industri di Nabire dengan mengandalkan potensi sumber daya alam sehingga dengan pengembangan industry tersebut ikut memacu peningkatan ekonomi masyarakat di daerah ini.

Menurut Wakil Ketua Komisi B, Musa Malisa, dengan membukanya industri di Nabire, akan merekrut banyak tenaga kerja yang tidak terserap selama ini dan secara langsung ikut memberdayakan ekonomi masyarakat di daerah ini.

Musa Malisa dan anggota Komisi B meminta Dinas Perindustrian juga ikut menggali sumber-sumber pendapatan asli daerah (PAD) dan mengingatkan perlu koordinasi dan bersinergi bersama organisasi perangkat daerah teknis terkait di dalam melaksanakan kegiatan penguatan ekonomi di Kabupaten Nabire. (ans)


suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Selasa, 7 Desember 2021 8:1
Pentingnya Data Dalam Proses Pembangunan Daerah
DATA menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dari adanya data, seseorang dapat mengetahui beberapa informasi yang diinginkan. Seperti halnya dalam proses melaksanakan pembangunan. Pembangunan akan berjalan baik apabila didasari dengan ketersediaan data yang benar dan up-to-date. Data sendiri memiliki artian yakni sekumpulan informasi dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau juga pencarian kesumber-sumber tertentu.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan