Home Nabire Membangun Pendidikan Berkwalitas, Tugas yang Mulia

Membangun Pendidikan Berkwalitas, Tugas yang Mulia

suroso  Selasa, 19 Oktober 2021 10:35 WIT
Membangun Pendidikan Berkwalitas, Tugas yang Mulia

NABIRE - Membangunan pendidikan yang berkwalitas baik dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat merupakan suatu tugas yang mulia. Karena hubungan langsung kehidupan manusia dan generasinya. Pendidikan riil dan nyata adalah memulai satuan pendidikan seperti TK, SD, SMP, SMA/SMK dan perguruan tinggi. Dimana anak mulai dari usia dini untuk menerima layanan pendidikan yang berkwalitas dari guru secara bertanggung jawab.

Demikian ditegaskan Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan Literasi Baca Tulis bagi Kepala Sekolah dan guru, Andreas Nuburi, S.Pd pada laporannya pembukaan kegiatan literasi, Senin (18/10/21) di aula SD Inpres Kimi.

Lebih lanjut dikatakan, pada tahun 2010 PBB meluncurkan rencana aksi Milenium Development Goals (MDGs) dengan 8 tujuan pembangunan guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Kemudian pada tahun 2015 MDGs kembali diperbaharui menjadi Sustainable Delelopment Goal (SDGs) yang berisi 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030 mendatang.

Maka target SDGs terkait pendidikan yakni, menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua.

Berdasarkan data Unicef, penilaian kemampuan membaca kelas awal dengan metode EGRA pada tahun 2015 menujukkan ada 49,95 % dikategorikan belum bisa membaca. Sementara untuk Provinsi Papua ada 52% dan Provinsi Papua Barat 45% yang belum bisa membaca. 

Melihat data-data pendapat beberapa pakar pendidikan menyakan bahwa Indonesia sedang “darurat literasi”. Sehingga membutuhkan keseriusan, sebab kemampuan membaca dan menulis dan hitung merupakan dasar bagi anak mengembangkan potensi dirinya dan dengan kemampuan baca, tulis, hitung yang memadai anak bisa mengikuti perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. (des)


suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Selasa, 7 Desember 2021 8:1
Pentingnya Data Dalam Proses Pembangunan Daerah
DATA menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dari adanya data, seseorang dapat mengetahui beberapa informasi yang diinginkan. Seperti halnya dalam proses melaksanakan pembangunan. Pembangunan akan berjalan baik apabila didasari dengan ketersediaan data yang benar dan up-to-date. Data sendiri memiliki artian yakni sekumpulan informasi dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau juga pencarian kesumber-sumber tertentu.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan