Home Nabire PBB dan BPHTB di Nabire Akan Digratiskan ?

PBB dan BPHTB di Nabire Akan Digratiskan ?

suroso  Kamis, 21 Oktober 2021 11:4 WIT
PBB dan BPHTB di Nabire Akan Digratiskan ?

NABIRE – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Nabire, berencana akan melakukan pendaftaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara gratis. Termasuk Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunannya (BPHTB).

“Tapi syaratnya adalah sertifikat tahun 2018 ke bawah. Misalnya 2018, 2017 dan seterusnya,” ujar Kepala Bapenda Nabire, Fatmawati, S.STP, melalui selulernya, Selasa (19/10/2021).

Ia menjelaskan, ini merupakan bentuk inovasi yang dilakukan pihaknya. Maka hal tersebut telah dikoordinasikan dengan Dirjen Pajak, dan hasilnya dipersilahkan dengan berpatokan pada regulasi daerah.

Sehingga, untuk awal akan di launching di dua kelurahan yakni Girimulyo dan Bumi Wonorejo.

“Tapi tidak menutup kemungkinan bila ada masyarakat yang mau bisa datang langsung ke kantor di Jalan Pepera pada jam kerja,” jelas Fatmawati.

Untuk itu, menurutnya, Kamis (21/10/21) mobil keliling Bapenda akan melayani dan standby selama enam hari di dua kelurahan tersebut. Yaitu tiga hari di Kelurahan Girimulyo dan tiga hari di Kelurahan Bumi Wonorejo.

Selanjutnya, untuk kelurahan lain akan menyusul kemudian dengan jadwal yang akan ditentukan nantinya.

“Jadi kami mau jemput bola ke lapangan,” tutur Fatmawati.

Dia juga bilang, untuk kedepannya retribusi pasar nanti tidak disetor lagi kepada petugas, kecuali untuk harian. Namun pelaku pasar akan langsung menyetor ke Bank Papua. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kebocoran.

Pasar-pasar yang telah diberlakukan adalah pasar Oyehe dan Pasar Wanggar. Nantinya minggu depan Pasar Karang dan pasar Kalibobo. Namun ada discon 50% mengingat Tahun 2020 Dunia dilanda Covid-19.

“Jadi akan mereka (pelaku pasar) akan bayar langsung ke Bank Papua atau petugas resmi dengan kendaraan keliling Bapenda. Kami juga akan memberikan 12 kali pembayaran dengan pemotongan 50%,” ungkapnya.

Fatmawati berharap, apa yang dilakukan Bapenda adalah dengan harapan bahwa masyarakat di Nabire lebih sadar lagi untuk membayar pajak. (tian)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Selasa, 7 Desember 2021 8:1
Pentingnya Data Dalam Proses Pembangunan Daerah
DATA menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dari adanya data, seseorang dapat mengetahui beberapa informasi yang diinginkan. Seperti halnya dalam proses melaksanakan pembangunan. Pembangunan akan berjalan baik apabila didasari dengan ketersediaan data yang benar dan up-to-date. Data sendiri memiliki artian yakni sekumpulan informasi dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau juga pencarian kesumber-sumber tertentu.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan