Home Nabire DPRD Nabire Pertanyakan Pendapatan IMB

DPRD Nabire Pertanyakan Pendapatan IMB

suroso  Kamis, 21 Oktober 2021 11:7 WIT
DPRD Nabire Pertanyakan Pendapatan IMB

NABIRE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nabire melalui Komisi B mempertanyakan besarnya pemasukan bagi pendapatan asli daerah (PAD) yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nabire selama ini melalui Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Karena setiap bangunan di dalam kota dibangun setelah adanya Izin Mendirikan Bangunan yang dikeluarkan pemerintah. Setiap bangunan  di kota Nabire tentunya dibangun berdasarkan IMB sehingga saat dikeluarkan  setiap perizinan oleh pemerintah merupakan sumber pendapatan bagi daerah.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Nabire, Musa Malisa saat audiensi dengan Dinas Pelayanan Perizinan Satu Atap (DPPSA)  dan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dinparbudpora) di ruang kerja Komisi B, Selasa (19/10) mempertanyakan berapa besar pendapatan yang diperoleh Dinas PPSA Nabire selama ini  dari sektor perizinan IMB. Karena, sektor ini juga merupakan salah satu potensi sumber PAD.

Menurut Musa Malisa, setiap kali membangun rumah, minimal dibangun setelah adanya IMB. Setiap dikeluarkanya  IMB merupakan sebagai sumber pendapatan  bagi daerah yang ditarik melalui instansi teknis. Dan setiap penarikan lewat instansi terkait merupakan masukan bagi PAD untuk membangun daerah ini.

Musa Malisa menilai banyaknya bangunan di kota Nabire merupakan salah satu sumber PAD yang bias ditarik melalui IMB yang diwajibkan oleh pemerintah setiap bangunan baru. Oleh karena itu, harus jelas, berapa banyak PAD yang diperoleh dari kepemilikan IMB.

Anggota Komisi B, Aziz Baharuddin menambahkan, penarikan lewat IMB hanya sekali pada saat awal. Selanjutnya, setiap bangunan dikenakan pajak bumi dan bangunan (PBB) yang dotarik pemerintah. Oleh sebab itu, harus jelas berapa banyak yang pemerintah pungut melalui IMB di daerah ini.

Sekretaris DPPSA Nabire, Alanthido Wiay menjelaskan dinasnya tidak menarik pendapatan tersebut. Sebab, DPPSA hanya mengeluarkan izin berdasarkan rekomendasi dari instansi teknis yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (DPUPUR).  Selama ini, secara teknis perizinan ditangani instansi teknis, DPPSA hanya mengeluarkan izin berdasarkan rekomendasi instansi teknis.

Musa Malisa mengatakan, setiap ada bangunan  gedung baru, minimal harus berdasarkan IMB untuk menentukan kelayakan letak bangunan tersebut dengan mempertimbangkan perencanaan pembangunan kota dan wilayah. Oleh sebab itu, pertambahan perumahan di daerah ini semakin padat sehingga setiap bangunan baru harus memiliki IMB yang dikeluarkan Pemkab Nabire melalui instansi teknis sehingga setiap kali pemerintah mengeluarkan IMB merupakan salah satu sumber PAD untuk menopang anggaran pendapatan dan belanja daerah dari sektor pendapatan asli daerah. (ans) 

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan