Home Nabire Yayasan Rumsram Gelar Pelatihan Bagi 60 SD di 4 Kabupaten Teluk Saireri

Yayasan Rumsram Gelar Pelatihan Bagi 60 SD di 4 Kabupaten Teluk Saireri

suroso  Kamis, 21 Oktober 2021 11:11 WIT
Yayasan Rumsram Gelar Pelatihan Bagi 60 SD di 4 Kabupaten Teluk Saireri

NABIRE - Yayasan Rumsram merupakan salah satu yayasan yang bergerak di bidang pendidikan. Yayasan ini telah diberikan kepercayaan oleh Kepenterian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk memberikan pelatihan baca tulis bagi 60 SD di 4 kabupaten yang ada di Teluk Saireri.

Hal ini dikeluarkan pada tahun 2020 lalu dan berpijak pada Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang Merdeka Belajar. Dimana pada Merdeka Belajar edisi 4 adalah tentang Program Organisasi Penggerak (POP).

Pada Program Organisasi Penggerak ini diharapkan dapat melibatkan organisasi masyarakat yang memiliki pengalaman di bidang pendidikan. Dan telah terbukti berhasil dapat meningkatkan motivasi atau kompetensi guru yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Keterlibatan organisasi masyarakat yang memenuhi syarat salah satunya adalah Yayasan Rumsram Biak yang kini telah melaksanakan pelatihan dan pendampingan bagi 15 SD yang tersebar di Kabupaten Nabire.

Sehubungan dengan implementasi program POP, maka dibutuhkan fasilitator di masing-masing yang akan difasilitasi dan menggerakan para pihak yang terlibat dalam program. Fasilitator adalah orang yang memberikan bantuan dalam memperlancar proses komunikasi.

Maka fasilitator bukanlah seseorang yang bertugas hanya memberikan pelatihan, pendampingan dan bimbingan nasihat atau pendapat. Fasilitator harus menjadi nara sumber yang baik untuk berbagai permasalahan.

Dalam melaksanakan tugas sebagai fasilitator baik dalam menyampaikan materi pelatihan, memberikan bimbingan atau diskusi, maka fasilitator dapat menggunakan teknik pencarian suasana, ceramah, diskusi permainan dan bermain peran.

Untuk itu ke 4 kabupaten yang ditunjuk mengikuti pelatihan dan pendampingan program POP di Teluk Saireri adalah, untuk Kabupaten Biak Numfor ada 35 SD, Kabupaten Nabire 15 SD, Kabupaten Kepulauan Yapen 5 SD dan Kabupaten Waropen ada 5 SD. (des)


suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan