Home Nabire Yayasan Rumsram Bersama UNICEF Membawa Kemampuan Baca Tulis Bagi Kelas Awal di Nabire

Yayasan Rumsram Bersama UNICEF Membawa Kemampuan Baca Tulis Bagi Kelas Awal di Nabire

suroso  Jumat, 22 Oktober 2021 16:27 WIT
Yayasan Rumsram Bersama UNICEF Membawa Kemampuan Baca Tulis Bagi Kelas Awal di Nabire

NABIRE - Belum lama ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire Yulianus Pasang, S.Pd, M.Pd secara resmi membuka kegiatan Program Organisasi Penggerak (POP) baca tulis bagi kepala sekolah (Kepsek) dan guru di 15 SD yang ada di Kabupaten Nabire.

Kegiatan POP ini merupakan salah satu program Badan Pendidikan Dunia (UNICEF) yang bekerja sama dengan Yayasan Rumsram yang berkedudukan di Kabupaten Biak dan kini melakukan pelatihan baca tulis bagi 15 SD.

Dari hasil kegiatan baca tulis yang dimotori Yayasan Rumsram ini berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pihak SMERU, UNCEN, UNIPA dan pihak BPS yang ada di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat pada tahun 2012 lalu.

Hasil dari penelitian itu telah ditemukan fakta bahwa banyak guru yang meninggalkan sekolah serta tidak melaksanakan tugas mengajar di sekolah (guru mangkir) dalam waktu yang cukup lama.  Terutama di daerah pegunungan dan pesisir pantai Papua dan Papau Barat.

“Akibat tingginya guru mangkir tersebut berdampak pada layanan pendidikan kepada anak-anak yang bersekolah di SD,” kata Peneliti Utama Baca Tulis Yayasan Rumsram, Noak Korwa kepada Papuapos Nabire, Kamis (21/10) di Kampung Kimi.

Dan dari hasil penelitian itu, perwakilan UNICEF Indonesia, Angela Keanev mengatakan, studi ini menunjukan bahwa terdapat korelasi jelas antara ketidakhadiran guru dan rendanya kehadiran siswa serta tingkat putus sekolah dan rendahnya tingkat miliki huruf di tengah masyarakat.

Fakta lain dari hasil penelitian itu ditemukan banyak siswa sekolah dasar (SD) tidak bisa membaca, menulis dan menghitung (3M) yang merupakan kemampuan dasar seorang anak untuk mengembangkan pendidikannya menuju masa depan yang gemilang.

Dari keprihatinan itu UNICEF bersama Yayasan Rumsram melakukan kegiatan pelatihan baca tulis bagi 15 SD yang ada di Kabupaten Nabire, Teluk Saireri, Provinsi Papua. Guna penguatan baca tulis bagi para peserta didik tingkat SD yang ada di daerah ini.

Dan program 3M di daerah tertinggal, terluar dan terpencil (3T) sesungguhnya merupakan salah satu program yang telah lama diprogramkan Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire. Namun dengan kehadiran Yayasan Rumsram yang didukung oleh UNICEF, diharapkan membawa perubahan besar bagi peserta didik tingkat SD. Sebab ada indikasi siswa kelas atas bahkan sejumlah siswa SMP kelas I yang ditemukan belum lancar membaca. Dengan demikian literasi baca tulis sangat penting dilaksanakan bagi Kepsek dan guru. (des)


suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Selasa, 7 Desember 2021 8:1
Pentingnya Data Dalam Proses Pembangunan Daerah
DATA menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dari adanya data, seseorang dapat mengetahui beberapa informasi yang diinginkan. Seperti halnya dalam proses melaksanakan pembangunan. Pembangunan akan berjalan baik apabila didasari dengan ketersediaan data yang benar dan up-to-date. Data sendiri memiliki artian yakni sekumpulan informasi dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau juga pencarian kesumber-sumber tertentu.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan