Home Nabire Awasi Kelola PAD Butuh PPNS

Awasi Kelola PAD Butuh PPNS

suroso  Senin, 25 Oktober 2021 21:16 WIT
Awasi Kelola PAD Butuh PPNS

NABIRE – Salah satu tugas pokok dari Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) adalah mengawasi pengelolaan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh sebab itu, untuk mengawasi penerimaan PAD Kabupaten Nabire membutuhkan PPNS di daerah ini.

Namun demikian, selama ini di Kabupaten Nabire belum ada tenaga penyidik PNS sebagai tenaga penyidik PNS di dalam mengawasi pemungutan pajak sebagai sumber PAD di Nabire. Padahal tenaga Penyidik PNS dibutuhkan dalam rangka menyelamatkan “kebocoran” dalam pemungutan sumber-sumber pajak untuk memperkuat PAD Kabupaten Nabire.

John F. Wayar, peserta Pembentukan PPNS di Bogor melalui telepon selulernya, Minggu (24/10) sore mengatakan PPNS salah satu tugasnya untuk mengawal dan mengawasi pemungutan sumber-sumber PAD yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah untuk memacu peningkatan penerimaan daerah dari sumber-sumber pajak, retribusi dan penarikan lain yang dikelola pemerintah daerah.

Sekalipun peran PPNS ini begitu penting di dalam pengelolaan PAD, Wayar menyayangkan minimnya kepedulian pemerintah daerah untuk memberdayakan PNS di Kabupaten Nabire sebagai PPNS. Karena, dari ratusan peserta pelatihan PPNS, Wayar sebagai satu-satunya peserta dari Kabupaten Nabire. Sementara di kabupaten dan kota lain di Indonesia mengirim 4-5 orang peserta.

Dan peserta gelombang ini, Wayar merupakan satu-satunya peserta dari Kabupaten Nabire tetapi satu-satu peserta perwakilan Provinsi Papua. Demikian juga dari Provinsi Papua Barat hanya seorang peserta. Sebab itu pula, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemen Kumham) dan mempertanyakan kepedulian pemerintah daerah terhadap keberadaan PPNS di masing-masing daerah kabupaten dan provinsi dalam pengawasan penggalian potensi sumber pendapatan asli daerah.

Oleh sebab itu, Wayar mengharapkan agar pemerintah Kabupaten Nabire bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nabire  memperhatikan pembentukan PPN di daerah dengan mengirim peserta pelatihan lebih dari seorang untuk tahun-tahun mendatang dan membuka sekretariat PPNS agar dapat melakukan pengawasan terhadap pemungutan sumber-sumber pendapatan asli daerah oleh penyidik PNS di daerah ini. (ans)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan