Home Papua Tengah DPD KNPI Gelar Lomba Anyam Noken Bergambar Logo KNPI

DPD KNPI Gelar Lomba Anyam Noken Bergambar Logo KNPI

suroso  Rabu, 27 Oktober 2021 14:18 WIT
DPD KNPI Gelar Lomba Anyam Noken Bergambar Logo KNPI

DEIYAI - Dalam rangka penyambut peringatan HUT Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021, DPD KNPI Deiyai menggelar berbagai jenis kegiatan.  Salah satu kegiatan adalah lomba anyam noken bergambar logo KNPI.

Dalam lomba anyam noken diikuti belasan putri dari keterwakilan OKP–OKP yang ada di Deiyai. Dengan batas waktu anyam noken selama seminggu, sesuai ketentaun panitia.

Ketua DPD KNPI Deiyai, Yance Edowai, melalui ketua panitia pelaksana rangkaian kegiatan HUT Aumpah Pemuda, N. Adii mengatakan, lomba anyam noken salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Sumpah Pemuda tahun ini. Lomba ini juga bagian dari meningkatkan minat bagi para kaum perempuan dan juga dalam rangka pelestraian noken Papua. 

“Ada banyak perempuan yang mengikuti lomba anyam noken bergambar logo KNPI. Mereka mengikuti lomba dipusatkan di salah satu tempat aula di Waghete. Akan dinilai warnanya, kerapian gambar logo, dan ada beberapa poin penilian panitia lainnya.  Sehingga, siapa pun dia yang akan juara, akan diberikan hadiah sesuai dengan ketentuan panitia, pada puncak peringatan, tanggal 28 Oktober 2021 mendatang,” katanya.

Dikatakan, lomba anyam noken adalah bagian dari pelestraian kearifan lokal Papua. Dan noken juga telah di badan duniakan sebagai satu kearifan lokal Papua, dalam rangka menjunjung nilai–nilai kearifan lokal, dapat dibangkitkan semangat menjunjung melalui berbagai bentuk, salah satunya dalah lombah anyam Noken yang dilakukan tersebut. 

“Ealaupun kegiatannya sangat sederhana namun punya manfaat yang besar melalui kegiatan lomba anyam noken ini. Kegiatan seperti ini kedepan pun perlu dibangkitkan semangat pelestarian nilai-nilai kearifan lokal Papua. Agar tetap eksis Noken Papua di mata internaional bahkan nasional,” katanya. (hbb)            


suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan