Home Nabire HUT ke-1 Paroki St. Antonius Padua Wonorejo, Diperingati

HUT ke-1 Paroki St. Antonius Padua Wonorejo, Diperingati

suroso  Rabu, 27 Oktober 2021 14:26 WIT
HUT ke-1 Paroki St. Antonius Padua Wonorejo, Diperingati

NABIRE – Dalam melebarkan sayap paroki di wilayah Keuskupan Timika, telah mekarkan sejumlah paroki di wilayah keuskupan Timika.  Paroki St. Antonius Padua, Bumi Wonorejo, adalah salah satu paroki baru yang telah dimekarkan atau telah dirubah status menjadi paroki sejak setahun yang lalu. 

Setelah disahkan menjadi Paroki, tepat tanggal 11 Oktober 2021, umur paroki St. Antonius Padua sudah genap setahun. Peringatan hari ulang tahun paroki St. Antonius Padua, diawali ibadah, dilanjutkan pemotongan kue ulang tahun, pada Minggu (24/10/21).

Pemotongan kue ulang tahun merupakan tanda peringatan hari ulang tahun paroki St. Antonius Padua, Bumo Wonorejo.  Pemotongan kue ulang tahun dilakukan Adimnistrastor sesan Keuskupan Timika, Pastor Marthen Kuaiyo, Pr, Pastor Paroki St. Antonius Padua Eonorejo, Pastor Benny Magai, Pr, Ketua Dewan Paroki, didampingi Bupati Terpilih Nabire, Mesak Magai, dan keterwakilan dari umat.

Seusai pemotongan kue, dilanjutkan saling suap sebagai tanda kebersamaan, persaudaraan di dalam membangun gereja maupun dalam membina iman umat melalui gereja. 

Seusai pemotongan kue ulang tahun, Administrator Sesan Keuskupan Timika, Pastor Marthen Kuaiyo, Pr, mengatakan, detelah disahkan menjadi satu paroki, terjadi perkembangan dan perubahan dalam gereja di wilayah paroki St. Antonius Padua, begitu cepat. Salah satu contoh kongkrit adalah sudah keliling dengan pagar, baik perubahan secara fisik maupun non fisik dalam perkembangan umat di paroki ini.  

Semua perubahan yang terjadi bukan terjadi begitu, tetapi karena adanya kekuatan umat sendiri, tetapi utama kekuatan Tuhan.  Sehingga melalui kebersamaan yang dibangun dari seluruh umat, telah terjadi perubahan besar di dalam tubuh Paroki St. Antonius Wonorejo. 

“Perkembangan dan kemajuan besar yang terjadi tanpa dukungan dari semua umat tidak akan mungkin terjadi. Maka kedepan dibutuhkan dukungan dan partisipasi dari seluruh umat,” tuturnya.  

Dirinya selaku Uskup Administrator Sesan Keuksupan Timika,  mengaharapkan, kepada umat terus dibangun kebersamaan, satu kesatuan, kekompakan, kekuatan iman, roh kudus. Agar kedepan akan terus terjadi perubahan, semakin maju, dalam pertumbuhan paroki maupun pertumbuhan iman umat dalam membangun gereja maupun dalam membangun iman umat sendiri.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Pastor Paroki St. Antonius Padua, Benny Magai,Pr, mengatakan, membangun gereja fisik maupun membangun iman umat bukan hanya tanggung jawab pimpinan gereja, tetapi bersama umat. Maka terus terbangun kebersamaan, keharmonisan, partisipasi, dengan kekuatan iman akan terus perupaya membangunan gereja melalui berbagai bentuk. 

Menurutnya, sesuai kekuatan iman dan roh kudus dari masing-masing pribadi umat, akan terus menaruh perhatian, dalam membangunan gereja yang mandiri. Maka sesuai visi, melalui peringatan HUT Paroki ”sedikit bicara banyak bekerja,” maka satukan langkah bangun gereja mandiri.


Misa Ekaristi


HUT ke-1 Paroki St. Antonius Bumiwonorejo mengadakan misa ekaristi syukuran ulang tahun pertama. Dihadiri Administraktor Diosesan Uskup Timika, Pastor Marhten Ekowaibi Kuayo, Pr, didampingi Pastor Paroki setempat Pastor Benyamin Magai Pr bersama dengan laiinya.

Dengan sorotan Thema : ”Pergilah Imanmu Telah Menyelamatkan Engkau”. Sub Thema : ”Pesta ini HUT Paroki dan Sakramen Krisma memotivasi membangun Iman yang menyelamatkan kita untuk hidup di dunia dan akhirat,”.

Misa ekaristi dipimpin Administraktor Diosesan Uskup Timika, Pastor Marhten Ekowaibi Kuayo, Pr, memberikan sakramen krisma kepada 40 lebih umat katolik di Paroki tersebut.  Dn juga melantik petugas Akolit dilaksanakan, Minggu (24/10/21) di gereja katolik Paroki St. Antonius Bumiwonorejo Nabire. 

Ketua Panitia HUT Paroki St. Antonius Bumiwonorejo, Zovianus Zonggonau, S.KM menyampaikan laporannya. Disampaikan terima kasih kepada semua umat Paroki St. Antonius dan para donatur yang telah menyukseskan acara misa ekaristi ulang tahun yang pertama kali ini. 

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Uskup Administraktor Diosesan Uskup Timika, Pastor Marhten Ekowaibi Kuayo, Pr, dan Bupati Terpilih Nabire, Mesak Magai, S.Sos, M.Si yang telah meluangkan waktu menghadiri seluruh rangkaian kegiatan ini. (hbb/modes)


suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan