Home Nabire Kepala Suku Yerisiam Desak Pelantikan Bupati Nabire Dipercepat

Kepala Suku Yerisiam Desak Pelantikan Bupati Nabire Dipercepat

suroso  Rabu, 27 Oktober 2021 17:39 WIT
Kepala Suku Yerisiam Desak Pelantikan Bupati Nabire Dipercepat

NABIRE - Kepala Suku Besar Yerisiam Gua, Kabupaten Nabire, mendesak Pemerintah Provinsi Papua (Pemprov) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk mempercepat proses pelantikan Bupati Nabire.

"Saya minta proses ini (Pelantikan) dipercepat," ujar Kepala Suku Besar Yerisiam Gua, Ayub Kowoi, Senin (25/10/21).

Sebab menurut Kowoi, Nabire harus segera dibangun maka perlu ada kepala daerah untuk menjalankan pemerintahan. Semenrara Nabire masih lumpuh total.

Pasalnya, proses untuk mendapatkan Bupati Nabire sudah melalui tahapan yang memakan waktu dan biaya.

"Daerah lain sudah ada bupatinya, Nabire juga hanya pelantikan ini yang lama. Proses pemilihan sudah lama, pelantikan lagi lama," tuturnya.

Untuk itu lanjut dia, proses pelantikan dipercepat agar Nabire tidak terlarut ibarat anak ayam kehilangan induknya.

"Coba bayangkan, 10 bulan ini tidak ada bupati definitif dan tergantung dengan Penjabat Bupati. Tentunya ini berpengaruh terhadap kebijakan daerah," pungkas Kowoi.

Di tempat terpisah, anggota Komisi A DPRD Nabire, Sambena Inggeruhi menjelaskan bahwa pihaknya telah mengantar dan menyampaikan hasil paripurna kepada Gubernur Papua. Selanjutnya, Pemkab Nabire harus mengawal proses itu sesuai dengan surat pengantar yang dikeluarkan Gubernur kepada Kemendagri Cq Dirjen Otda.

"Maka selanjutnya kita hanya menunggu Surat Keputusan (SK) yang akan dikeluarkan oleh Kemendagri. Dan menunggu jadwal yang nantinya dilakukan oleh Gubernur," jelas Inggeruhi. (tian)


suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan