Home Papua Tengah Sidang LKPJ Dogiyai Deadlock Lanjut ke Jayapura

Sidang LKPJ Dogiyai Deadlock Lanjut ke Jayapura

suroso  Selasa, 9 Nopember 2021 9:27 WIT
Sidang LKPJ Dogiyai Deadlock Lanjut ke Jayapura

NABIRE - Gelaran Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dogiyai dalam rangka Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APB) Kabupaten Dogiyai tahun anggaran 2020 yang dilanjutkan kembali pada 8 November 2021 kembali deadlock. DPRD Dogiyai sepakati sidang LKPJ tahun 2021 akan dilanjutkan dari Jayapura dalam pekan ini.

Anggota DPRD Kabupaten Dogiyai, Yoseph Minai, Senin (8/11) malam menjelaskan, DPRD Kabupaten Nabire telah melanjutkan sidang paripurna untuk LKPJ tahun anggaran 2020 pada tanggal 8 November tetapi Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa, Wakil Bupati, Oskar Makai bersama sebagian pimpinan Organisasi Perangkat Daerah tidak hadir sehingga tidak melanjutkan tahapan sidang.

Oleh karena itu, kata Minai, DPRD Dogiyai sudah sepakati untuk melanjutkan sidang LKPJ Kabupaten Dogiyai tahun 2020 dari Jayapura. DPRD Dogiyai mengagendakan Sidang LKPJ di Jayapura di depan pemerintah Provinsi Papua.

Atas ketidakhadiran Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa, kata Minai, Ketua DPRD Kabupaten Dogiyai, Elias Anou juga kecewa. Karena, undangan Sidang Paripura dalam rangka LPKJ APBD Kabupaten Dogiyai tahun anggaran 2020 sudah tiga kali mengundang Bupati tetapi tidak menghadiri undangan dewan.

Minai mengisahkan, sidang LKPJ Bupati yang dihelat 8 November merupakan undangan kali ketiga. Sebab, awalnya DPRD Dogiyai mengagendakan untuk dilaksanakan 21 Oktober lalu tetapi batal karena Bupati Dumupa tidak ada. Kali kedua DPRD kembali mengundang Bupati untuk sidang LKPJ tetapi Bupati tidak hadir.

Pada undangan sidang kali kedua, Ketua DPRD setempat membuka sidang dilanjutkan dengan penyampaian pemandangan umum oleh 3 fraksi yakni Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F PDIP), Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F PPP) dan Fraksi Dogiyai Bersatu. Saat itu, tidak ada jawaban dari eksekutif karena tidak ada penunjukan Bupati kepada Wakil Bupati.

Usai kontroversi sidang LKPJ Bupati Dogiyai, DPRD membentuk Pansus LKPJ Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Dogiyai tahun anggaran 2020.

Anggota Pansus ke Jayapura meminta Gubernur Papua, Lukas Enembe untuk menegur dan memerintahkan Bupati Dogiyai menghadiri Sidang LKPJ yang digelar DPRD dan meminta batalkan evaluai LKPJ berdasarkan Perkada karena DPRD Dogiyai sedang dalam siang.

Minai menambahkan, pekan lalu Pansus berhasil memutus rencana evaluasi LKPJ versi Perkada di Biro Kuangan. Saat itu, pemerintah provinsi meminta kembali sidang paripurna untuk LKPJ Bupati tahun 2020 di Moanemani, 8 November 2021. (ans)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Senin, 3 Januari 2022 1:11
Catatan akhir 2021 : Semoga Nabire Berbenah Diri di Tahun 2022 Nanti
Kabupaten Nabire, Papua, sudah berumur 25 Tahun, tepatnya pada tanggal 28 Desember 2121 kemarin. Namun sebelumnya Kabupaten ini berdiri sejak Tahun 1966 silam dengan nama Kabupaten Paniai hingga dimekarkan pada 25 Tahun silam dengan nama Nabire.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan