Home Nabire BPBD Nabire Tinjau Titik Rawan Banjir Distrik Teluk Kimi

BPBD Nabire Tinjau Titik Rawan Banjir Distrik Teluk Kimi

suroso  Rabu, 24 Nopember 2021 1:20 WIT
BPBD Nabire Tinjau Titik Rawan Banjir Distrik Teluk Kimi

NABIRE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nabire meninjau titik-titik rawan banjir di wilayah Distrik Teluk Kimi pada Kamis (18/11). Peninjauan tersebut didampingi Kepala Distrik Teluk Kimi. Sementara titik-titik rawan banjir di Distrik Yaro sudah disampaikan kepada Badan Penanggulan Bencana Nasional (BPBN) tinggal menunggu jawaban.

Kepala BPBD Kabupaten Nabire, Victor Fun usai kembali dari Teluk Kimi, di ruang kerjanya, menjelaskan BPBD meninjau titik-titik rawan bencana banjir seperti terjadi 1 bulan lalu di wilayah Distrik Teluk Kimi, untuk mengidentifikasi sasaran penanganan bencana sebagai bahan koordinasi bersama instansi terkait. Karena untuk penanggulangan bencana perlu ditangani secara terpadu antar instansi terkait untuk mencegah terjadinya musibah banjir lagi pada waktu-waktu mendatang.

Menurut BPBD, beberapa titik rawan banjir di Teluk Kimi yakni kali di Jembatan Kipur, Kali Kimi dan Kali Korowa Samabusa,

Victor Fun menjelaskan, menangani ancaman banjir tidak hanya urusan BPBD tetapi perlu keterlibatan instansi terkait. BPBD sendiri tidak menangani kegiatan fisik seperti jembatan tetapi itu tanggungjawab instansi teknis, seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU), sekalipun BPBD bisa mebangun jembatan darurat saat musibah. Penanganan pemukiman dan bangunan di pinggir kali dan daerah aliran sungai (DAS) merupakan tanggungjawab Dinas Lingkungan Hidup, demikian juga halnya dengan pengambilan batu dan pasir di kali.

Kepala BPBD menambahkan setelah meninjau titik-titik rawan banjir di Teluk Kimi akan dikoordinasikan dengan instansi teknis yang terkait. Hasil koordinasi dan menghitung kebutuhan untuk menangani penanggulangannya akan disampaikan kepada Bupati supaya dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan melobi dana ke pemerintah pusat.


Penanganan Yaro 


Ketika ditanya soal penanganan bencana banjir Yaro, Kepala BPBD, Victor Fun mengatakan jalan ke Yaro II yang termakan Kali Yaro akan menjadi prioritas. Tetapi sebelumnya, akan dibangun jalan jalur luar depan Yaro II.

Victor menambahkan menangani bencana banjir Yaro, 3 titik akan menjadi fokus pemerintah. Untuk normalisasi Kali Yaro membutuhkan dana besar sehingga akan diutamakan kepada 3 titik rawan banjir di Yaro.

Untuk penanganan bencana banjir Yaro, kata Victor, sudah diusulkan ke Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN). Karena untuk menangani bencana banjir di Yaro membutuhkan dana puluhan milyar.  


Himbauan 


Untuk menghindari erosi dan musibah banjir pada saat musim hujan, Kepala BPBD Kabupaten Nabire, Victor Fun menghimbau agar tidak membuka lahan, membangun dan bermukim di pinggir kali dan daerah aliran sungai. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak membuang sampah ke kali dan menjaga kelestarian sepanjang kali.

Untuk menghadapi perubahan cuaca ekstrim belakangan ini, Kepala BPBD juga menghimbau warga untuk tetap waspada mengikuti prakiraan cuaca dari Balai Meteorologi dan Geofisika (BMG) Nabire yang dikeluarkan setiap hari untuk mengantipasi terjadinya perubahan cuaca mendadak. (ans)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Selasa, 7 Desember 2021 8:1
Pentingnya Data Dalam Proses Pembangunan Daerah
DATA menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dari adanya data, seseorang dapat mengetahui beberapa informasi yang diinginkan. Seperti halnya dalam proses melaksanakan pembangunan. Pembangunan akan berjalan baik apabila didasari dengan ketersediaan data yang benar dan up-to-date. Data sendiri memiliki artian yakni sekumpulan informasi dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau juga pencarian kesumber-sumber tertentu.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan