Home Nabire Fraksi Nabire Bersatu Minta Pemda Antisipasi Lonjakan Sembako

Fraksi Nabire Bersatu Minta Pemda Antisipasi Lonjakan Sembako

suroso  Rabu, 24 Nopember 2021 1:23 WIT
Fraksi Nabire Bersatu Minta Pemda Antisipasi Lonjakan Sembako

NABIRE – Fraksi Nabire Bersatu DPRD Nabire meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) mengantisipasi kelangkaan dan lonjakan harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) menjelang hari raya Natal 25 Desember 2021 dan tahun baru 2022.

Ketua Faksi Nabire Bersatu, DPRD Nabire, Rohedi M. Cahya mengatakan, Pemda melalui instansi teknis yaitu Dinas Perdagangan agar memantau langsung harga barang jelang hari hari Natal dan Tahun Baru.

“Kami telah membahas di grup WhatsApp Dewan. Kami sudah usulkan ke komisi terkait (Komisi B) untuk memanggil pihak-pihak terkait (Dinas Perdagangan dan pengusaha khususnya sembako,” kata Rohedi, Sabtu (20/11/21).

Menurutnya, langkah cepat perlu diambil untuk mengantisipasi jika terdapat kenaikan harga barang. Pasalnya, beberapa hari terakhir sudah didapat barang tertentu yang telah dinaikan oleh pelaku usaha. Misalnya minyak goreng dan beberapa bahan pokok lainnya.

Sehingga gerak cepat sangat diharapkan oleh fraksinya. Artinya satuan harga dari setiap barang yang masuk ke Nabire sudah ditetapkan melalui Perda dan mekanismenya. Maka tidak bisa dinaikkan sepihak. Kalau ada kelangkaan akibat transportasi dan sebagainya, maka OPD terkait segera mengantisipasi. Jangan sampai masyarakat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup jelang hari raya.

“Anggota kami di fraksi kebetulan di Komisi B yang membidangi perekonomian dan perdagangan. Kami akan dorang agar hal ini segera diambil langkah, sehingga harga barang tidak memberatkan masyarakat andai dinaikan,” tuturnya.

Ditempat terpisah, anggota Fraksi Sambena Inggeruhi menyarankan Pemda membentuk tim gabungan untuk melakukan survei pasar.  Mengingat saat ini terdapat harga yang dinaikan secara sepihak oleh pengusaha. Padahal ketersediaan Sembako dan kestabilan harga adalah dua hal yang harus perlu diawasi.

“Ini tidak sesuai karena ekonomi masyarakat belum pulih akibat dampak covid-19,” katanya.

Sehingga kata Sambena, siapapun pelaku usaha yang ada di Kabupaten Nabire wajib hukumnya untuk tidak menaikkan harga semaunya, diluar ketentuan harga yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

“Kenaikan harga ini tidak boleh sepihak, ini makelar namanya. Kami minta Pemda segera bentuk tim gabungan untuk turun ke pasar untuk memantau harga barang,” pungkasnya. (tian)


suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Selasa, 7 Desember 2021 8:1
Pentingnya Data Dalam Proses Pembangunan Daerah
DATA menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dari adanya data, seseorang dapat mengetahui beberapa informasi yang diinginkan. Seperti halnya dalam proses melaksanakan pembangunan. Pembangunan akan berjalan baik apabila didasari dengan ketersediaan data yang benar dan up-to-date. Data sendiri memiliki artian yakni sekumpulan informasi dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau juga pencarian kesumber-sumber tertentu.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan