Home Papua Tengah Permohonan Sambung Listrik Keliling Danau Tigi, Diajukan ke PLN

Permohonan Sambung Listrik Keliling Danau Tigi, Diajukan ke PLN

suroso  Rabu, 24 Nopember 2021 1:27 WIT
Permohonan Sambung Listrik Keliling Danau Tigi, Diajukan ke PLN

DEIYAI – Salah seorang tokoh pemuda Deiyai yang juga Ketua Komunitas Peduli Masyarakat dan Alam Deiyai (KPMAD), Domin Badii, ST, mengajukan surat permohonan pemasangan dan penyambungan listrik keliling Danau Tigi, Kabupaten Deiyai. Permohonan disampaikan kepada pimpinan PLN Rayon, Paniai, Deiyai, Dogiyai, di kantor PLN, Madi, Paniai, Kamis (18/11/21). Surat permohonan pemasangan listrik tersebut diterima Manajer PLN Rayon Paniai, Deiyai, Dogiyai, Martinus Peday, bertempat di Madi.

Dikatakan Domin Badii, rencana pemerintah daerah akan ada mesin diesel listrik di Deiyai. Dengan mesin diesel itu, akan melayani kabupaten tetangga seperti Paniai dan Dogiyai yang akan menyala 24 jam.  Sehingga para petugas mulai memasang tiang listrik dan kabel di wilayah Paniai dan Dogiyai, sedangkan di Deiyai belum.  Padahal Kabupaten Deiyai akan dijadikan pusat penempatan mesin diesel listrik untuk tiga Kabuapaten tersebut. Tetapi dalam penyelesaian pemasangan tiang listrik dan kabel di wilayah belum sama sekali, terutama di wilayah Tigi Barat, selatan, utara, lingkar Danau Tigi. 

Oleh karena itu, dirinya atas nama tokoh pemuda Deiyai mengajukan permohonan kepada PLN Rayon Paniai, Dogiyai, Deiyai di Madi, Paniai, untuk mengingatkan dan mendesak PLN untuk selesaikan pemasangan kabel dan tiang listrik di wilayah Kabupaten Deiyai. Khususnya di wilayah Tigi Barat, utara, selatan lingkar Danau Tigi.

“Kami ajukan surat permohonan kepada manajer PLN wilayah Paniai, Deiyai dan Dogiyai. Kami mendesak agar di bawah bulan Desember, lampu listrik di wilayah Kabupaten Deiyai, khususnya di wilayah utara, selatan dan juga wilayah barat Tigi, juga dapat nikmati lampu listrik. Seperti warga lain di Deiyai,“ tegasnya.

Sementara itu, Manajer PT. PLN Sub Rayon Paniai, Dogiyai dan Deiyai, Martinus Peday, menyampaikan, dirinya selaku pimpinan rayon PLN,  memberikan apresiasi kepada kaum muda yang berniat baik untuk pembangunan di daerah.  Pada prinsipnya, PLN ingin supaya semua warga masyarakat di kawasan Paniai, Dogiyai dan Deiyai, dapat merasakan pembangunan, terlebih khusus penerangan listrik ini.  

“Kami selama ini mau jalankan pemasangan tiang listrik dan kabel listrik,  untuk jalankan aliran listrik. Tetapi karena beberapa kendala, terutama kurangnya komunikasi kami dengan pemerintah daerah, sehingga masih belum dilanjutkan pemasangan tiang listrik dan kabel listrik di wilayah Deiyai. Khususnya wilayah yang belum tanam tiang dan pasang kabel listrik di bagian utara, barat, dan selatan Deiyai. Mash menunggu lebih lanjut,” katanya.

Lanjutnya, dengan berdasarkan aspirasi dari tokoh pemuda ini, untuk Kabupaten Deiyai akan diupayakan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah. Dan untuk selesaikan wilayah yang belum ada pemasangan listrik, khususnya keliling Danau Tigi. Itupun setelah pihaknya koordinasi dengan UPTD PLN wilayah Nabire dan pemerintah daerah Deiyai.   

“Kami akan upayakan segera kami akan sambungkan dalam waktu dekat, mulai dari bagian Okomokebo sampai di Gakokebo, sepanjang jalan trans dan Waghete sampai Bomou, dan akan lanjutkan lagi di wilayah Tigi Barat,” katannya. (hbb) 


suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan