Home Nabire Enam WNA China Ditangkap di Wapoga, Pintu Masuk dari Nabire

Enam WNA China Ditangkap di Wapoga, Pintu Masuk dari Nabire

suroso  Kamis, 2 Desember 2021 23:48 WIT
Enam WNA China Ditangkap di Wapoga, Pintu Masuk dari Nabire

NABIRE – Enam orang Warga Negara Asing (WNA) asal China diamankan personil TNI AD Kodim 1709 Serui. Enam orang itu diamankan angota pos Koramil Inggerus, Kabupaten Waropen, dalam dua hari yakni 18 dan 19 November 2021.

Dari Kampung Iwo Sewa, Komandan pos Inggerus dan Wapoga, Sersan Mayor (Serma) Dedi, mengatakan bahwa enam WNA tersebut masuk ke Wapoga melalui Kabupaten Nabire. Mereka (WNA) menggunakan perahu motor tempel, yang diantar oleh warga masyarakat dari Nabire menuju Distrik Wapoga, Kabupaten Waropen.

Kata Serma Dedi, ketika mendengar kabar tersebut pihaknya langsung bergerak. Dengan jumlah personil sebanyak enam orang kemudian mencari tahu keberadaannya.

“Saat kami dengan kabar itu langsung bergerak mencari tahu keberadaan WNA itu,” kata Serma Dedi.

Menurutnya, masuknya WNA tersebut ke Wapoga secara diam-diam dengan tujuan Kepala Air Wapoga. Mereka (WNA) tidak melapor di Pos Inggerus.

“Tujuan mereka ke sana untuk menambang atau mendulang emas,” tutur Serma Dedi.

Lanjutnya, dari penangkapan tersebut, keenam WNA tidak dapat menunjukan dokumen imigrasi. Seperti surat izin masuk warga negara asing (visa), pasport, surat izin penambangan. Alasannya dokumen ketinggalan di Nabire.

Selanjutnya, sesuai petunjuk dan perintah pimpinan, WNA tersebut akan dibawah ke Kodim 1709/Yapen Waropen (Yawa) di Serui, guna meperiksaan dukumen dan tujuannya.

“Mereka (WAN) akan dibawa ke Waropen untuk pemerilsdaan lebih lanjut. Itu sesuai arahan dari Pak Dandim,” pungkasnya. (tian)


suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Rabu, 19 Januari 2022 4:54
Menata Kabupaten Deiyai yang Lebih Baik
Kita sebagai warga Kabupaten Deiyai yang berpiir rasional dan ebyektif, kita semua pasti sepakat mengani tiga hal, yakni (1) Kita sedang mengalami krisis kepemimpinan dalam politik dan pemerintahan,

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan