Home Nabire Warga Manunggal Jaya Berharap Solusi Atas Dualisme Penjabat Kakam

Warga Manunggal Jaya Berharap Solusi Atas Dualisme Penjabat Kakam

suroso  Kamis, 2 Desember 2021 23:49 WIT
Warga Manunggal Jaya Berharap Solusi Atas Dualisme Penjabat Kakam

NABIRE – Warga Kampung Manunggal Jaya SP4 Lagari berharap agar pemerintah Kabupaten Nabire segera menyelesaikan persoalan adanya dualism jabatan Penjabat Kepala Kampung (Kakam) di Kampung Manunggal Jaya SP4 Lagari. Karena kedua Penjabat Kakam lama dan Penjabat Kakam yang baru, sejauh ini masih sama-sama menjalankan tugasnya sebagai Penjabat Kakam. Hal ini membuat masyarakat di Kampung Manunggal Jaya, menjadi bingung saat membutuhkan pelayanan di tingkat pemerintah kampung.

Aspirasi warga Manunggal Jaya SP4 terkait jabatan Penjabat Kakam itu dibawa oleh perwakilan tokoh pemuda setempat, Thomas Zonggonau dan Andarias Moruk. Saat bertandang ke redaksi Papuapos Nabire, kedua perwakilan warga ini menyampaikan keluh kesah warga Manunggal Jaya SP4 itu. Kata kedua tokoh pemuda itu, warga sangat berharap agar pemerintahan tingkat atas bisa segera mencarikan solusi atas persoalan ini.

“Pada tanggal 10 Juli 2021 lalu, Penjabat Bupati Nabire mengeluarkan SK kepada Kristianus Lelo untuk menduduki jabatan Penjabat Kakam yang baru. Sementara Penjabat Kakam yang lama, Marinus W. Yapen juga masih aktif. Kami bertanya-tanya, siapa sebenarnya yang saat ini menjabat Kakam ? Karena kedua-duanya sama-sama punya cap dan masih berlaku. Kondisi ini membuat warga menjadi bingung ketika akan membutuhkan pelayanan untuk pengurusan surat-surat,” ujar Thomas saat bertandang ke redaksi, Senin (22/11/21) siang kemarin.

Lanjut Thomas, warga Kampung Manunggal Jaya berharap agar pemerintah Kabupaten Nabire segera menuntaskan persoalan ini. Untuk menentukan siapa Kakam yang saat ini bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kata dia, kedua pejabat itu adalah juga warga kampung setempat. Sehingga bati warga, menurut Thomas, tidak menjadi masalah siapapun yang menjabat sebagai Kakam di Manunggal Jaya. Yang terpening, ada kepastian siapa pejabat sebenarnya, sehingga warga tidak terkendala ketika membutuhkan pelayanan administrasi di tingkat kampong.

“Dan untuk kepentingan pembentukan panitia pemilihan Kakam nantinya, pejabat siapa yang berhak membentuk panitia itu. Karena sampai saat ini, kedua pejabat masih sama-sama menjalankan tugasnya,” tutur Thomas. (ros) 


suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Senin, 3 Januari 2022 1:11
Catatan akhir 2021 : Semoga Nabire Berbenah Diri di Tahun 2022 Nanti
Kabupaten Nabire, Papua, sudah berumur 25 Tahun, tepatnya pada tanggal 28 Desember 2121 kemarin. Namun sebelumnya Kabupaten ini berdiri sejak Tahun 1966 silam dengan nama Kabupaten Paniai hingga dimekarkan pada 25 Tahun silam dengan nama Nabire.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan