Home Pemda Dogiyai Pemkab Dogiyai Terima Bantuan Mobil dari Perpustakaan Nasional

Pemkab Dogiyai Terima Bantuan Mobil dari Perpustakaan Nasional

suroso  Rabu, 12 Januari 2022 10:14 WIT
Pemkab Dogiyai Terima Bantuan Mobil dari Perpustakaan Nasional

NABIRE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai, Senin (10/01/22), menerima bantuan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Bantuan mobil perpustakaan keliling itu sudah dipenuhi pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 10 September 2021. Demikian seperti dirilis dari Odiyaiwuu.com.

“Mestinya mobil keliling itu sudah kami terima pada September 2021. Namun saat itu masih ada sejumlah agenda penting di Dogiyai yang tidak dapat kami tinggalkan. Karena itu, baru saat ini saya berkesempatan menerima langsung mobil keliling di Jakarta,” ujar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai Wilhelmus Petege, S.Pd kepada Odiyaiwuu.com usai menerima mobil perpustakaan keliling di kantor Perpustakaan Nasional Republik Indnnesia, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (10/1/22).

Bantuan mobil perpustakaan keliling tersebut merupakan salah satu usulan Pemkab Dogiyai melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah yang dipenuhi pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang diajukan sebelumnya. Saat itu, pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah mengajukan proposal permintaan buku guna memenuhi kebutuhan para siswa d siswi sekolah dasar hingga menengah di Dogiyai. Usulan ini dipenuhi melalui kegiatan dana alokasi khusus (DAK) sehingga tahun 2021 sudah dibelanjakan dan tinggal dikirim ke sekolah-sekolah.

“Saat itu kami juga meminta kepada pihak Perpustakaan Nasional agar dibantu mobil perpustakaan keliling. Puji Tuhan proposal yang kami ajukan dipenuhi. Mestinya bulan September 2021 kami sudah menerima mobil itu tetapi saat itu kami masih terkendala dengan sejumlah agenda penting sehingga baru kali ini saya datang dan menerima langsung mobil itu di Jakarta. Tadi pagi saya menuju ke kantor Perpustakaan Nasional untuk menandatangani berita acara penerimaan,” tandas Petege.

Petege menambahkan, Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa juga menugaskan dirinya selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah agar segera mengajukan permohonan anggaran pembangunan gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai kepada pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Namun, kata Petege, masih ada sejumlah persyaratan yang harus disertakan agar permohonan gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai agar proposal disetujui pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

“Setelah kami penuhi beberapa syarat pembangunan gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai, tentunya tidak lama lagi kami sudah memiliki gedung perpustakaan. Kami berterima kasih kepada Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa atas kerja cepat dan kerja cerdas beliau sehingga berbagai program di dinas kami dipenuhi dengan cepat. Buktinya, usulan kami terkait buku dan mobil keliling juga tak lepas dari arahan beliau agar kerja lebih cerdas, tepat, demi kemajuan masyarakat dan daerah,” ujar Petege.

Bupati Kabupaten Dogiyai Yakobus Dumupa, SIP, MIP, mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerja cepat dan kerja cerdas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Dogiyai Wilhelmus Petege sehingga Pemkab Dogiyai dan masyarakat boleh mendapat bantuan mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

“Saya mengapresasi kerja cerdas dan kerja cepat Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai bersama jajaran dinas itu sehingga masyarakat Dogiyai, khususnya anak-anak dan guru-guru kami di sekolah-sekolah dapat terlayani kebutuhan sumber baca dan sumber ajar. Kami juga berharap pihak Pusat Perbukuan Nasional ikut membantu buku-buku sehingga anak-anak kami memiliki akses membaca dengan mudah,” ujar Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa.

Menurut Bupati Yakobus Dumupa, lulusan Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta, pihaknya mendapat kabar langsung batuan mobil perpustakaan keliling dari Kepala  Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai.

“Saya mendapat kabar soal bantuan mobil itu sore (Senin, 10/1) ini. Kadis menyampaikan bahwa Kabupaten Dogiyai mendapat mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional. Saya menyampaikan terima kasih atas usaha dan kerja keras beliau. Kami semua mencintai anak-anak dan masyarakat kami terkait kemudahan akses pelayanan perpustakaan keliling di kampung-kampung. Ini awal yang baik bagi masyarakat dan kami semua di daerah. Ini usaha yang luar biasa Kepala Dinas,” kata Yakobus.(modes)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Senin, 3 Januari 2022 1:11
Catatan akhir 2021 : Semoga Nabire Berbenah Diri di Tahun 2022 Nanti
Kabupaten Nabire, Papua, sudah berumur 25 Tahun, tepatnya pada tanggal 28 Desember 2121 kemarin. Namun sebelumnya Kabupaten ini berdiri sejak Tahun 1966 silam dengan nama Kabupaten Paniai hingga dimekarkan pada 25 Tahun silam dengan nama Nabire.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan