Home Pemda Dogiyai Pemkab Dogiyai Terima Bantuan Mobil dari Perpustakaan Nasional

Pemkab Dogiyai Terima Bantuan Mobil dari Perpustakaan Nasional

suroso  Rabu, 12 Januari 2022 10:14 WIT
Pemkab Dogiyai Terima Bantuan Mobil dari Perpustakaan Nasional

NABIRE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai, Senin (10/01/22), menerima bantuan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Bantuan mobil perpustakaan keliling itu sudah dipenuhi pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 10 September 2021. Demikian seperti dirilis dari Odiyaiwuu.com.

“Mestinya mobil keliling itu sudah kami terima pada September 2021. Namun saat itu masih ada sejumlah agenda penting di Dogiyai yang tidak dapat kami tinggalkan. Karena itu, baru saat ini saya berkesempatan menerima langsung mobil keliling di Jakarta,” ujar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai Wilhelmus Petege, S.Pd kepada Odiyaiwuu.com usai menerima mobil perpustakaan keliling di kantor Perpustakaan Nasional Republik Indnnesia, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (10/1/22).

Bantuan mobil perpustakaan keliling tersebut merupakan salah satu usulan Pemkab Dogiyai melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah yang dipenuhi pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang diajukan sebelumnya. Saat itu, pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah mengajukan proposal permintaan buku guna memenuhi kebutuhan para siswa d siswi sekolah dasar hingga menengah di Dogiyai. Usulan ini dipenuhi melalui kegiatan dana alokasi khusus (DAK) sehingga tahun 2021 sudah dibelanjakan dan tinggal dikirim ke sekolah-sekolah.

“Saat itu kami juga meminta kepada pihak Perpustakaan Nasional agar dibantu mobil perpustakaan keliling. Puji Tuhan proposal yang kami ajukan dipenuhi. Mestinya bulan September 2021 kami sudah menerima mobil itu tetapi saat itu kami masih terkendala dengan sejumlah agenda penting sehingga baru kali ini saya datang dan menerima langsung mobil itu di Jakarta. Tadi pagi saya menuju ke kantor Perpustakaan Nasional untuk menandatangani berita acara penerimaan,” tandas Petege.

Petege menambahkan, Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa juga menugaskan dirinya selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah agar segera mengajukan permohonan anggaran pembangunan gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai kepada pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Namun, kata Petege, masih ada sejumlah persyaratan yang harus disertakan agar permohonan gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai agar proposal disetujui pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

“Setelah kami penuhi beberapa syarat pembangunan gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai, tentunya tidak lama lagi kami sudah memiliki gedung perpustakaan. Kami berterima kasih kepada Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa atas kerja cepat dan kerja cerdas beliau sehingga berbagai program di dinas kami dipenuhi dengan cepat. Buktinya, usulan kami terkait buku dan mobil keliling juga tak lepas dari arahan beliau agar kerja lebih cerdas, tepat, demi kemajuan masyarakat dan daerah,” ujar Petege.

Bupati Kabupaten Dogiyai Yakobus Dumupa, SIP, MIP, mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerja cepat dan kerja cerdas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Dogiyai Wilhelmus Petege sehingga Pemkab Dogiyai dan masyarakat boleh mendapat bantuan mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

“Saya mengapresasi kerja cerdas dan kerja cepat Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai bersama jajaran dinas itu sehingga masyarakat Dogiyai, khususnya anak-anak dan guru-guru kami di sekolah-sekolah dapat terlayani kebutuhan sumber baca dan sumber ajar. Kami juga berharap pihak Pusat Perbukuan Nasional ikut membantu buku-buku sehingga anak-anak kami memiliki akses membaca dengan mudah,” ujar Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa.

Menurut Bupati Yakobus Dumupa, lulusan Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta, pihaknya mendapat kabar langsung batuan mobil perpustakaan keliling dari Kepala  Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Dogiyai.

“Saya mendapat kabar soal bantuan mobil itu sore (Senin, 10/1) ini. Kadis menyampaikan bahwa Kabupaten Dogiyai mendapat mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional. Saya menyampaikan terima kasih atas usaha dan kerja keras beliau. Kami semua mencintai anak-anak dan masyarakat kami terkait kemudahan akses pelayanan perpustakaan keliling di kampung-kampung. Ini awal yang baik bagi masyarakat dan kami semua di daerah. Ini usaha yang luar biasa Kepala Dinas,” kata Yakobus.(modes)

suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
*) Oleh : Akbar Muram Dani, S.IP.*
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
PAW Anggota KPU Deiyai, Dilantik
suroso  Selasa, 22 Maret 2022 23:11
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan