Home Pemda Intan Jaya Distrik Wandai Butuh Perhatian Pemerintah, Bandara Mbugulo Kembali Beroperasi

Distrik Wandai Butuh Perhatian Pemerintah, Bandara Mbugulo Kembali Beroperasi

suroso  Rabu, 12 Januari 2022 10:14 WIT
Distrik Wandai Butuh Perhatian Pemerintah, Bandara Mbugulo Kembali Beroperasi

NABIRE - Selama kurang lebih dua tahun sejak tahun 2020-2021, Bandara Mbugulo Distrik Wandai Kabupaten Intan Jaya, tidak pernah didarati pesawat berbadan kecil. Akibatnya, masyarakat yang ada di sebelas kampung di wilayah Distrik Wandai kurang mendapat perhatian dari pemerintah daerah. 

Demikian dikatakan salah satu tokoh intelektual asal Kampung Mbugulo Distrik Wandai, Agustinus Ugipa, SM saat bertandang ke Kantor Redaksi Papuapos Nabire, Selasa (11/01/22) kemarin.

Dikatakan Agustinus Ugipa, kefakuman penerbangan di Bandara Kampung Mbugulo karena faktor situasi keamanan pada dua tahun belakangan ini. Selain itu juga karena keadaan landasan pacu Bandara yang sudah ditumbuhi rumput dan tidak terawat, serta rusak ulah ternak peliharaan warga masyarakat yang berada di sekitar wilayah Kampung Mbugulo Distrik Wandai Kabupaten Intan Jaya.

“Selama dari tahun 2020 sampai dengan 2021, kurang ada perhatian dari pemerintah terhadap masyarakat di kampung-kampung wilayah Distrik Wandai, baik itu perhatian dari pemerintah distrik maupun pemerintah kabupaten dan juga lembaga legislatif Kabupaten Intan Jaya,” ungkapnya.

Dirinya juga mengakui, dua tahun belakangan ini situasi keamanan di Distrik Wandai kurang kondusif. Namun, bukan berarti pemerintah tidak hadir di tengah-tengah masyarakat, karena alasan-alasan tersebut. Karena, pemerintah wajib melakukan pelayanan terhadap masyarakat dalam situasi apapun.  Sebab masyarakat adalah bagian dari pemerintah itu sendiri yang membutuhkan perhatian dari pemerintah demi kemajuan daerah. 

Menurutnya, selama dua tahun terakhir ini ada juga sejumlah bantuan yang diberikan dari legislatif kepada warga masyarakat di Distrik Wandai. Tetapi, bantuan finansial tersebut tidak diberikan kepada warga masyarakat yang berdomisili di Distrik Wandai Kabupaten Intan Jaya.  Tetapi diberikan kepada warga masyarakat asal Distrik Wandai yang berdomisili di Kabupaten Nabire. 

“Kedepan jangan lagi terjadi hal seperti ini.  Berikan bantuan pada tempatnya dan tepat sasaran. Sehingga masyarakat yang memang berhak untuk menerima bantuan tersebut betul-betul bisa menikmati dan memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik,” ujarnya. 

Dirinya juga menghimbau kepada pemerintah daerah, baik pemerintah distrik maupun Pemerintah Kabupaten Intan Jaya, serta lembaga legislatif Kabupaten Intan Jaya untuk mempunyai perhatian serius kepada warga masyarakat Distrik Wandai. 

“Ketika ada proyek yang harusnya dikerjakan di Distrik Wandai, jangan dialihkan ke fistrik lain. Karena hanya masalah faktor tertentu. Karena, masyarakat di Distrik Wandai juga butuh perhatian infrastruktur dari pemerintah juga, bukan hanya distrik lain saja yang butuh. Dan transparansi dan keterbukaan anggaran juga harus betul-betul diperhatikan oleh pemerintah,” tuturnya. 


Bandara Mbugulo Kembali Didarati Pesawat


Bandara Mbugulo yang berada di Kampung Mbugulo Distrik Wandai Kabupaten Intan Jaya, Kamis (16/12/21) lalu sudah kembali didarati pesawat berbadan kecil. Hal ini berkat kerjasama warga masyarakat dan juga peran serta gereja-gereja, dan juga dari salah satu Pater Gereja Katolik yang bertugas melayani warga masyarakat di Kampung Mbugulo Distrik Wandai. 

Kata Ugipa, secara pribadi dan anak asli Kampung Mbugulo sangat berterima kasih kepada pihak-pihak maskapai, salah satunya AMA Jayapura yang sudah mau menerima permintaaan aspirasi warga masyarakat untuk terbang kembali ke Kampung Mbugulo, karena masyarakat juga sangat membutuhkan transportasi udara. 

“Saya sendiri sudah bertemu dengan pihak-pihak penerbangan, bahkan saya sendiri berusaha ketemu dengan pihak AMA Jayapura, dengan menggunakan biaya sendiri tanpa bantuan dari siapa-siapa, apalagi pemerintah. Saya juga berjuang sendiri, dan sangat disayangkan, tidak ada bantuan pemerintah untuk hal tersebut, padahal ini tugas pemerintah sebenarnya. Terima kasih Pater Mbugulo yang selalu memberikan motivasi kepada kami, dan akhirnya Pesawat AMA kembali mendarat di Mbugulo,” ucapnya.

Dirinya berharap agar waraga masyarakat tetap menjaga keamanan di wilayah Disrtik Wandai, khususnya di Kampung Mbugulo.  Agar pelayanan transportasi penerbangan ini terus bisa beroperasi dan perhatian pembangunan itu akan terus berjalan di Distrik Wandai, untuk kemajuan Distrik Wandai. 

“Kami bersihkan kembali Bandara, partisipasi masyarakat di Distrik Wandai sangat –sangat luar biasa, akhirnya AMA juga siap melayani penerbangan kembali dengan melakukan penerbangan ke dan dari Bandara Mbugulo dua kali dalam seminggu, puji Tuhan,” pungkasnya. (cad)          

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Senin, 3 Januari 2022 1:11
Catatan akhir 2021 : Semoga Nabire Berbenah Diri di Tahun 2022 Nanti
Kabupaten Nabire, Papua, sudah berumur 25 Tahun, tepatnya pada tanggal 28 Desember 2121 kemarin. Namun sebelumnya Kabupaten ini berdiri sejak Tahun 1966 silam dengan nama Kabupaten Paniai hingga dimekarkan pada 25 Tahun silam dengan nama Nabire.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan