Home Pemda Deiyai Ketua Fraksi PKB Tegaskan Eksekutif Sediakan TPS dan TPA di Deiyai

Ketua Fraksi PKB Tegaskan Eksekutif Sediakan TPS dan TPA di Deiyai

suroso  Jumat, 21 Januari 2022 9:10 WIT
Ketua Fraksi PKB Tegaskan Eksekutif Sediakan TPS dan TPA di Deiyai

DEIYAI – Menyikapi kondisi belum tersedianya tempat pembuangan sampah sementara (TPS) dan tempat pembuangan sampah akhir (TPA) di wilayah Deiyai, DPRD melalui Ketua Fraksi PKB, menegaskan, eksekutif melalui dinas terkait diharapkan dapat segera menyediakan TPS dan TPA umum di wilayah Kabupaten Deiyai.   

“Adanya laporan dari mahasiswa dan warga Deiyai kepada kami DPRD bahwa Pemda belum sediakan tempat pembuangan sampah, sehingga kesulitan membuang sampah. Kondisi ini benar adanya, karena belum lama ini, para mahasiswa Deiyai dari sejumlah kota study di Indonesia, bersihkan dan angkut sampah di Kota Waghete dan sekitarnya, tetapi belum tersedia TPS dan TPA. Para mahasiswa hanya kumpulkan di situ saja, dimana para mahasiswa kerja. Maka kami sangat berharap agar eksekutif dapat sediakan TPS dan TPA di Deiyai,” harap Ketua Frakasi PKB, DPRD Deiyai, Naftali Magai, S.Pd, melalui rillisnya, kepada media ini.

Dikatakan, soal penyediahan tempat sampah, sejak kepemimpinan Bupati Dance Takimai (alm) hingga masa kepemimpinan Ateng Edowai juga belum sediakan tempat pembuangan sampah, baik TPS maupun PTA. Kalau massa kepemimpinan Bupati Deiyai Dance Takimai telah lewat, sekarang ini masa kepemimpinan Ateng Edowai, maka melalui dinas terkait dapat berupaya menyediakannya.  

“Soal penyediaan tempat sampah ini, ketika melalui sidang DPRD pada pekan lalu juga saya sudah sampaikan dan tegaskan kepada eksekutif agar Pemda melalui dinas teknis dapat sediakan TPS dan TPA dalam tahun anggaran 2022.  Bukan saja pada sidang DPRD pada pekan lalu, tetapi saya biasa sampaikan juga pada sidang–sidang lalu, setelah saya jadi anggota wakil rakyat di Deiyai. Namun ada yang sudah diindakan, ada pula yang belum diindahkan sesuai usulan dan harapan yang disampaikan Fraksi PKB kepada eksekutif,” tuturnya. 

Lanjutnya, soal sampah di Deiyai paling banyak sampah itu di sekitar Pasar Waghete, karena pasarnya juga tidak layak.  Sampahnya kebanyakan sampah botol, plastik, kaleng, dan rumput kering yang sudah dibabat, sedangkan sampah jenis lain ini kurang. Perlu ada tempat pembuangannya TPS dan TPA. Karena jika dibiarkan, akan mempengaruhi lingkungan dan juga dampak lainnya, seperti kerusakan ekosistem, tersumbatnya kali-kali, got- got di jalan raya, dan membuat wajah Kota Waghete menjadi kurang indah dipandang dan lainnya. 

Oleh sebab itu, dirinya selaku wakil eakyat kembali mengharapkan kepada eksekutif agar melalui dinas terkait dalam tahun anggaran 2022 ini, dapat menyediakan TPS dan TPA di Deiyai. Agar semua sampah yang berhasil diangkut oleh warga Deiyai, dapat dibuang pada tempat pembuangan sampah yang disediakan pemerintah daerah. Supaya Deiyai tetap bersih, indah, sesuai harapan semua warga Deiyai. (hbb)      


suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
*) Oleh : Akbar Muram Dani, S.IP.*
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
PAW Anggota KPU Deiyai, Dilantik
suroso  Selasa, 22 Maret 2022 23:11
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan