Home Papua Tengah Mahasiswa Berharap Pemda Bangun Pasar Layak Bagi Mama-Mama

Mahasiswa Berharap Pemda Bangun Pasar Layak Bagi Mama-Mama

suroso  Kamis, 3 Februari 2022 9:43 WIT
Mahasiswa Berharap Pemda Bangun Pasar Layak Bagi Mama-Mama

DEIYAI – Diharapkan Pemerintah Kabupaten Deiyai melalui dinas terkait untuk membangun pasar sentral yang layak bagi mama–mama di Waghete ibukota Kabupaten Deiyai. 

“Mama-mama yang biasa jualan sayur mayur dan hasil kebun, hasil produk pertanian lainnya di Waghete, biasa taruh jualannya di tanah bukan di para-para atau meja atau pun di dalam areal pasar sentral yang layak,” kata salah seorang mahasiswa Deiyai dari kota study Jayapura, Abram D, kepada media ini.

Dikataka, pasar yang saat ini ada di Waghete, kondisinya sudah sangat tidak layak untuk bisa berjualan bagi mama-mama. Karena kondisi areal pasar lama, berlumpur, bersampah dan sangat tidak layak untuk lakukan aktifitas jualan bagi mama-mama. Kondisi pasarnya seperti itu, tetapi tidak ada perhatian dari pemerintah daerah, dibiarkan begitu saja. Padahal sarana pasar ini, sarana umum yang sangat penting bagi masyarakat untuk dapat berjualan mencari pendapatan keluarga. 

Kehadiran pemerintah daerah itu, untuk melihat dan menyikapi dan menjawab kebutuhan warga sesuai kondisi masyarakat.  Namun selama ini pembiaran, tidak ada perhatian serius dari pemerintah daerah melalui instansi terkait. Kapan akan ada perhatian serius dari pemerintah daerah, untuk menjawab salah satu kebutuhan warga Deiyai ini. Karena sarana pasar ini, sarana penunjang untuk meningkatkan ekonomi atau pendapatan keluarga. Tanpa sarana pasar, tidak mungkin warga bisa berjualan untuk memperoleh ekonomi atau pendapatan keluarga. Sehingga sangat penting pemerintah daerah dapat menyediakan sarana pasar agar warga dapat berjualan hasil pertaniannnya di tempat pasar yang sangat layak. 

“Lokasi pasar di Waghete yang terletak di tengah-tengah kios para pedagang, sangat tidak luas dan juga kondisi areal pasar juga sangat tidak layak karena berlumpur dan bersampah. Dari dulu mama-mama berjualan di tempat pasar yang tidak layak.  Dimana kah perhatian pemerintah daerah 

“Pemerintah daerah harus mencari lokasi dan juga membangun pasar yang layak dan bila perlu bangun pasar juga di masing-masing distrik, tergantung kebijakan dan langkah yang ditempuh pemerintah daerah dalam penyediaan sarana pasar bagi mama-mama di Deiyai,” tegasnya.

Dia menambahkan, apa yang disampaikan kepada pemerintah daerah melalui media ini, merupakan satu masukan buat pemerintah daerah Deiyai untuk dapat memberi memperhatikan serius terhadap kondisi pasar di Waghete yang sangat tidak layak untuk berjualan bagi di Deiyai. Maka para anggota dewan sebagai wakil rakyat mendesak dan mendorong serta mengawasi eksekutif, agar melalui instansi terkait dapat berupaya menyediakan sarana pasar bagi mama–mama.  

“DPRD juga jangan duduk diam saja, dimana fungsi pengawasan dari DPRD sesuai tugasnya. Kondisi Pasar Waghete yang sudah tidak layak ada di depan mata legislatif dan eksekutif tetapi tidak ada ketegasan dan desakan dari DPRD kepada eksekutif. Agar eksekutif dapat sediakan sarana pasar yang layak bagi mama-mama Deiyai. Kami mahasiswa berikan jempol kepada Ketua Fraksi PKB, anggota DPRD Deiyai, atas komentarnya yang pernah disampaikan soal penyediaan sarana pasar yang muatkan melalui media Papuapos Nabire ini. Anggota DPRD lain juga pintar melihat kondisi masyarakat dan daerah, jangan diam saja. Desak eksekutif dan DPRD berikan tanggapan, penegasan, desakaan, sesuai kondisi di lapangan, masyarakat di Deiyai. Agar eksekutif dapat segera sikapi, ambil langkah untuk dijawabkan sesuai kondisinya,” tuturnya. 

Oleh karena itu, para mahasiswa menegaskan eksekutif akan lagi sikapi kondisi maksud, mulai tahun anggaran 2022 ini. Pemda melalui instansi terkait dapat segera berupaya membangun sarana pasar yang layak bagi mama–mama di Deiyai agar warganya juga dapat berjualan hasil kebun, pertanian dapat berjualan di tempat pasar yang layak, bagus, indah. Karena sarana pasar adalah tempat kerja bagi mama-mama untuk memperoleh pendapatan keluarganya.   

“Untuk menjawab kebutuhan sarana pasar ini, kalau bukan eksekutif, siapa lagi yang mau diharapkan, kalau bukan sekarang kapan lagi akan bangun pasar yang layak bagi mama-mama di Deiyai.  Kini saatnya pemerintah daerah melalui instansi terkai segera berupaya menyediakan sarana pasar yang layak bagi orang tua kami,” tambahnya. (hbb) 


suroso  Senin, 27 Juni 2022 0:2
Tindakan Kepolisian : SAKSI DIDUGA DIJADIKAN TERSANGKA TANPA CUKUP ALAT BUKTI (Studi Kasus Pengeroyokan, salah penanganan).
Dalam penegakan hukum positif di Indonesia terhadap berbagai kasus yang terjadi dari segi penanganan kasus tidak mengedepankan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 01 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian dan Standar Operasional Prosedur (SOP) baku yang berlaku dalam tubuh Kepolisian Republik Indonesia.
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan