Home Papua Tengah Pemda Paniai Perlu Dorong Modal dan Alat Perawatan Petani Kopi

Pemda Paniai Perlu Dorong Modal dan Alat Perawatan Petani Kopi

suroso  Kamis, 3 Februari 2022 9:43 WIT
Pemda Paniai Perlu Dorong Modal dan Alat Perawatan Petani Kopi

NABIRE - Pemerintah Kabupaten Paniai melalui dinas terkait perlu mendorong masyarakat petani kopi, Akulian Pigome, berupa modal dan alat perawatan agar ia bisa semangat kerja.  Akulian Pigome merupakan salah satu petani kopi dampingan Yapkema Papua di Kampung Geiketago, Distrik Nakama, Kabupaten Paniai. Lahan kopinya seluas nyaris satu hektar. Ia mulai menanam pada tahun 2016, dengan mengambil bibit dari salah satu petani kopi di kampung tetangganya, yaitu Itoka. 

"Ada sekitar 550 pohon kopi yang saya tanam. Ada yang sudah berbuah tahun lalu, ada juga yang baru mau berbuah," kata Pigome. 

Ia sudah mulai petik buahnya untuk diproses dan dijual.

Salah satu kendala yang dialami Pigome adalah belum adanya alat perawatan kebun seperti gunting dan gergaji pangkas. 

Dalam kunjungannya beberapa minggu lalu, sekalian dibawakan peralatan kebun yang dibutuhkan Pigome. Ia senang bukan kepalang, dan langsung mulai menggunakan peralatan tersebut.

Dengan cekatan ia membuka dus, tes beberapa kali, dan kemudian mulai memotong beberapa tunas air yang bermunculan pada bagian samping dan bawah batang utama tanaman kopi. Cabang-cabang tersebut membutuhkan suplai makanan yang sangat besar, bikin rimbun tanaman kopi, sementara tidak menghasilkan buah alias tidak produktif.

"Cabang yang tidak bermanfaat potong, buang. Yang bermanfaat saja yang kasih tinggal," jelas Pigome, lugas. 

Ungkapan bapa Pigome di atas kemudian mengingatkan saya pada perkataan seorang kawan, bahwa di dalam proses berkebun itu banyak sekali metafora-metafora kehidupan yang sarat akan maknanya. 

Misalnya dalam beberapa tanaman, terutama tanaman buah, kita harus secara rutin memotong cabang dan daun-daun keringnya, atau kalau pertumbuhannya lebat, mesti dipangkas supaya pertumbuhan buahnya lebih baik. Saya kira, dalam kehidupan kita pun, terkadang, kita harus menyadari dan menanggalkan hal-hal yang sebetulnya tidak esensial dalam hidup kita; hal-hal yang di kemudian justru menghambat pertumbuhan dan kemajuan kita.

Seperti kata Bapa Pigome tadi. Yang tidak baik untuk tumbuh kembang kita, kita buang, yang baik kita dipertahankan dan rawat. (modes)

suroso  Senin, 27 Juni 2022 0:2
Tindakan Kepolisian : SAKSI DIDUGA DIJADIKAN TERSANGKA TANPA CUKUP ALAT BUKTI (Studi Kasus Pengeroyokan, salah penanganan).
Dalam penegakan hukum positif di Indonesia terhadap berbagai kasus yang terjadi dari segi penanganan kasus tidak mengedepankan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 01 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian dan Standar Operasional Prosedur (SOP) baku yang berlaku dalam tubuh Kepolisian Republik Indonesia.
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan