Home Pemda Dogiyai Dogiyai Usul 115 Ribu Peserta BPJS

Dogiyai Usul 115 Ribu Peserta BPJS

suroso  Senin, 7 Februari 2022 9:42 WIT
Dogiyai Usul 115 Ribu Peserta BPJS

NABIRE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai melalui Dinas Sosial  mengusulkan 115 Ribu warga sebagai peserta jaminan sosial kesehatan (Jamsoskes) Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS)  yang ditanggung pemerintah melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN)  dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sekitar 70.000 warga sudah terdaftar sebagai peserta Jamsoskes yang dibiayai pemerintah pusat melalui APBN dan pemerintah daerah lewat dana APBD. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dogiyai, Nelson Manik di Nabire, Jumat (4/2) mengatakan Pemkab Dogiyai sudah mengusulkan 115.000 warga sebagai peserta BPJS Jamsoskes yang akan dibiatau pemerintah.  Dari jumlah tersebut 85 hingga 90.000 sudah oke. Sisanya masih akan diperjuangkan supaya peserta Jamsoskes di Dogiyai terpenuhi sesuai usulan dari daerah. 

Ketika Manik konfirmasi langsung petugas BPJS pada Jumat t (4/2) siang, usulan penerima Jamsoskes BPJS  tersebut 66.000 warga terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan yang akan dibiayai pemerintah pusat melalui APBN dan 5.000 warga lagi terdaftar sebagai peserta BPJS  akan dibiayai lewat APBD. 

Sedangkan sisanya, petugas dari BPJS mengatakan tetap akan diperjuangkan sehingga jumlah peserta BPJS yang diusulkan dari daerah terpenuhi. Kadinsos Manik optimis jumlah warga peserta yang sudah diusulkan akan menjawab karena sudah input ke pemerintah pusat. 

Mewakili masyarakat Dogiyai,  Sekretaris Kampung Upibega Distrik Mapia Tengah, Martini Kedeikoto menuturkan selama ini ada anggapan masyarakat tidak perlu dengan kartu BPJS.  Karena belum tahu manfaatnya.  Ketika sakit, butuh pengobatan dan perawatan baru mulai sibuk urus kartu BPJS.

Oleh sebab itu,  Martini meminta agar Dinas Sosial menyerahkan kartu BPJS kepada setiap keluarga yang terdaftar supaya tidak menyibukkan warga ketika membutuhkan. 

Kadinsos Neison Manik mengatakan untuk distribusi kartu peserta melalui Distrik. Karena sebelum diserahkan ke pemerintah BPJS sudah sorting menurut distrik.  Manik ungkap,  beberapa bulan lalu telah membagi sebagian kartu peserta BPJS untuk warga di Kabupaten Dogiyai.  (ans) 

suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
*) Oleh : Akbar Muram Dani, S.IP.*
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
PAW Anggota KPU Deiyai, Dilantik
suroso  Selasa, 22 Maret 2022 23:11
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan