Home Papua Tengah Gerakan Literasi Minat Baca Setiap Sekolah di Dogiyai

Gerakan Literasi Minat Baca Setiap Sekolah di Dogiyai

suroso  Senin, 7 Februari 2022 9:44 WIT
Gerakan Literasi Minat Baca Setiap Sekolah di Dogiyai

DOGIYAI –Asisten I Bidang Pembangunan dan Pemerintahan Kabupaten Dogiyai, Nason Pigai, SIP di Aula Koteka Moge Moanemani, telah membuka perlombaan pidato dan perlombaan puisi pekan lalu. Perlombaan pidato bagi SMA dan SMK, loma puisi bagi SMP dan sekolah dasar, diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Dogiyai.

Dalam sambutannya, Nason Pigai, mewakili Bupati Dogiyai mengatakan, gerakan pemasyrakatan minat baca di setiap sekolah literasi membaca di setiap sekolah sesuai amanat undang–undang 43 tahun 2007, mengamanatkan pembudayaan kegemaran membaca. Yakni melalui tiga jalur, jalur keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

Kata dia, literasi membaca diharapkan secara terus menerus ditanamkan, mengoptimalkan seluruh potensi melalui perpustakaan yang ada disetiap sekolah. Dengan harapan untuk menghasilkan orang hebat dikemudian hari di Dogiyai. Karena faedah membaca dan menulis adalah memperluas cakrawala berpikir, dan juga ikut membentuk sikap dan mental pondok baca atau lahan pendidikan dirasa penting kegunaannya. 

Dia sebut beberapa penulis asal Dogiyai, diantaranya Andi Goo, Yakobus Dumupa dan lain–lain. Dalam rangka mengembangkan kegemaran membaca tingkat sekolah menengah pertama, melestarikan budaya lokal daerah penerapan baca literasi disetiap sekolah. Bersatu dalam aneka ragam kebudayaan. Perbedaan yang saling menghormati, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Dogiyai, Wilhelmus Petege, S.Pd mengatakan, melalu perlombaan pidato bagi SMA/SMK puisi bagi SMP dan SD dibawah tema menumbuhkan budaya baca, melalui baca puisi memperkokoh karakter anak. 

Kepada Bidang Albertina You dalam laporannya meyebutkan, undang–undang nomor 20 tahun 2003 sistim pendidikan nasional, pemerintah daerah Dogiyai  turut mendukung program tersebut. Menggerakan budaya gemar membaca dan menulis disetiap sekolah di Dogiyai. Untuk kedepan diharapkan bisa melahirkan generasi yang hebat keluarga sekolah.

Albertina You menyampikan terima kasih kepada kepala kantor atas dukungan program bidang. Sehingga pihaknya bisa “asih asa asuh“ kesungguhan pihak lembaga sekolah dampinggi wakil siswa.

Hasil lomba, juara satu tingkat SD atas nama Dominika Dogomo dengan skor 250. Juara dua Nomensio A. Mote dengan skor 240 dari Sekolah Negeri Bomomani. Juara ketiga atas nama Feryyansah dengan skor 195 YPPGI Bukapa. Juara empat atas nama Silvia E. Dumapa dari YPPK Mauwa dengan skor 175.

Lomba puisi tingkat SMP, juara satu atas nama Ruht Boma dari SMP YPPK Moanemani dengan skor 160. Juara dua atas nama Hedrika Boma dengan skor 150 dari SMP Negeri 1 Mapia. Juara tiga atas nama Novita Pugiye dari SMP Negeri Dogiyai dengan skor 145. Nela Keiya dari SMP Negeri 1 Kamu dengan skor 140. Alfondus Makai dari SMK Negeri 1 Dogiyai dengan skor 275 juara satu pidato. Renata A. Kambu dengan skor 274 juara dua SMA Negeri 2 Dogiyai. Riana Agapa juara tiga dengan skor 245 SMK Negeri Dogiyai. Fransiska Pugiye juara empat dengan skor 240 SMK Negeri 1 Dogiyai.

Kepada para pemenang diberikan uang penbinaan, piala dan piagam. Diserahkan bidang pendidikan TK SD, Petrus Goo, S.Pd mewakili kepala dinas pendidikan. (don)


suroso  Senin, 27 Juni 2022 0:2
Tindakan Kepolisian : SAKSI DIDUGA DIJADIKAN TERSANGKA TANPA CUKUP ALAT BUKTI (Studi Kasus Pengeroyokan, salah penanganan).
Dalam penegakan hukum positif di Indonesia terhadap berbagai kasus yang terjadi dari segi penanganan kasus tidak mengedepankan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 01 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian dan Standar Operasional Prosedur (SOP) baku yang berlaku dalam tubuh Kepolisian Republik Indonesia.
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan