Home Papua Tengah Sepuluh Kampung di Distrik Yatamo Laksanakan Meusrenbang Kampung

Sepuluh Kampung di Distrik Yatamo Laksanakan Meusrenbang Kampung

suroso  Rabu, 9 Februari 2022 8:50 WIT
Sepuluh Kampung di Distrik Yatamo Laksanakan Meusrenbang Kampung

PANIAI - Terpusat di satu tempat, sebanyak sepuluh kampung di Distrik Yatamo, Kabupaten Paniai, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka perumusan dan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka  Menengah Kampung (RPJMKam) tahun 2022-2028 dan penetapan Rencana Kerja Pemerintah Kampung (RKPKam) di Aula PPK Epouto, Senin (7/2/22) kemarin.

Hadir dalam Musrenbang tersebut, Kepala Distrik Yatamo Yanuarius Tekege, Sekretaris Dinas Pemeberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Paniai, Marthen Nawipa, S.Th, 10 kepala kampung bersama aparat kampung, tenaga ahli pendamping kabupaten, PLD, dan PD 10 kampung serta semua elemen masyarakat di Distrik Yatamo. 

Dalam sambutan Kepala Distrik Yatamo Yanuarius Tekege mengatakan, Musrenbang yang dilaksanakan saat ini pada hakekatnya untuk merumuskan dan menyusun pelbagai usulan prioritas yang sebelumnya diajukan olah masyarakat di tiap kampung. 

Tentu persoalannya sangat bervariasi sehingga dalam merumuskan dan menyusun RPJM Kampung hingga penetapan RKP Kampung. Kadist Tekege berharap, disusun sesuai kamampuan keuangan kampung dan berdasarkan pada masalah potensi yang dimilki masing-masing kampung.

Lantaran itu Kadist Tekege merekomendasikan, empat bidang pembangunan yang harus diperhatikan yakni pendidikan, kesehan dan ekonomi dan infrastruktur. 

“Mengapa saya sebut empat bidang ini ? Karena selama ini seperti pendidikan dan kesehatan kurang diperhatikan. Jangan asal-asal buat dokumen perencanaan lihat aspek prioritas,” tandas Kadist Tekege dalam sambutanya.

Sekretaris DMK Kabupaten Paniai, Marthen Nawipa, S.Th mengatakan, setelah finalisasi dokumen perencanaan, selanjutnya akan diiplementasi. Karena itu dalam penggunaan dana kampung diprioritas untuk pembiayaan pembangunan di tiap kampung. Tidak untuk membiayai kepentingan pribadi. 

“Hati-hati dana kampung digunakan untuk kepentingan pribadi, karena sekarang aturan penggunaan dana kampung semakin ketat. Tidak sedikit jumlahnya juga kini tertangkap dan diproses karena korupsi dana kampung,” pintanya.

Untuk itu, Marthen meminta, penggunaan dana kampung harus sesuai peraturan yang berlaku. Dengan demikian bisa terhindar dari hal-hal yang tidak dinginkan bersama, terutama keluarga.

“Kedua itu, kalau kita gunakan dana kampung ini berdasarkan dokumen perencanaan yang sudah disusun, maka pembangunan di tiap kampung akan terwujud. Kalau tidak itu tadi saya katakan. Kampungnya tidak maju,” ujar Nawipa.

Dia menambahkan, Bumdes dijalankan secara serius karena salah satu Pendapat Asli Kampung bersumber dari Bumdes. Tentu akan memberikan keuntungan bagi kampung itu sendiri. (eby)

suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
*) Oleh : Akbar Muram Dani, S.IP.*
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
DPRD Dogiyai Tunda Undang Eksekutif
suroso  Selasa, 5 April 2022 19:9
Plt. Sekda Pimpin Apel Pagi Di Satpol PP
suroso  Jumat, 1 April 2022 0:6
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan