Home Pemda Dogiyai Forum Konsultasi Publik RPD Dogiyai Strategis Agar RPD Berbobot

Forum Konsultasi Publik RPD Dogiyai Strategis Agar RPD Berbobot

suroso  Kamis, 7 April 2022 8:35 WIT
Forum Konsultasi Publik RPD Dogiyai Strategis Agar RPD Berbobot

MOWANEMANI - Kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Dogiyai tahun 2023-2026 sangat penting dan memiliki peran strategis, Karena itu, seluruh pimpinan organisasi perangkat (OPD) wajib hadir dan mengikuti dengan serius sehingga agenda pembangunan tiga tahun dapat direncanakan dengan baik.

“Saya minta agar seluruh pimpinan OPD mengikuti wajib mengikuti forum konsultasi publik ini dengan serius agar agenda pembangunan tiga tahun dapat direncanakan dengan baik. Melalui forum ini semua pimpinan OPD dan para pemangku kepentingan, stakeholders dapat memberikan sumbangsih pikiran yang produktif kepada tim ahli Universitas Cendrawasih dan Bappeda Dogiyai agar rancangan RPD yang telah disusun berbobot, kontekstual dan indikator capaiannya terukur,” ujar Sekda Dogiyai, Drs. Petrus Agapa, M.Si mewakili Bupati Yakobus Dumupa, SIP, MIP saat membuka Kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Daerah Dogiyai tahun 2023-2026 di Aula Koteka Moge, Mowanemani, Dogiyai, Papua, Selasa (5/4/22) seperti dilansir odiyaiwuu.com.

Menurut Petrus Agapa, sesuai amanah Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, perencanaan dibagi dalam tiga tahap  yaitu perencanaan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPD Dogiyai tahun 2023-2026 kali ini masuk dalam kategori dokumen perencanaan jangka menengah atau tiga tahun tetapi dokumen ini akan menjadi pedoman di dalam pembangunan yang akan dijalankan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai.

“RPD Dogiyai tahun 2023-2026 merupakan dokumen yang diwajibkan Kementrian Dalam Negeri. Ini sesuai Instruksi Mendagri Nomor 70 tahun 2021 tentang Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah tahun 2023-2026 bagi daerah yang kepala daerah dan wakil kepala daerah yang berakhir masa jabatan tahun 2022. Dengan demikian, RPJMD Dogiyai tahun 2017-2022 telah berakhir tahun ini sehingga dokumen RPD tahun 2023-2026 akan dijadikan dokumen pengganti RPJMD sampai kepala daerah dan wakil kepala daerah Pemilu 2024 terpilih,” kata Petrus Agapa lebih jauh.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang) Yakobus Dogomo, SS mengemukakan, pihak Bappeda Litbang Dogiyai telah melaksanakan kegiatan sosialisasi penyusunan dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah (RPD) Dogiyai tahun 2023-2026 di aula Kingmi Digikotu medio Maret 2022.

“Hari ini kita melaksanakan forum konsultasi publik dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat, stakeholders baik dari organisasi perangkat daerah di lingkup Dogiyai, tokoh adat, agama, perempuan, pemuda, dan intelektual. Tujuannya agar semua komponen masyarakat bersama-sama memikirkan, memberikan saran bahkan kritik demi penyempurnaan rancangan RPD Dogiyai tahun 2023-2026 yang telah disusun untuk tiga tahun ke depan. Agenda pembangunan kita sepakati hari ini menentukan pembangunan tiga tahun mendatang,” ujar Jak Dogomo.

Jak Dogomo, lulusan Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Fajar Timur, lebih jauh mengatakan, ada sejumlah tahapan lanjutan RPD Dogiyai tahun 2023-2026 yang akan dilakukan setelah forum konsultasi publik. Tahapan dimaksud adalah penyusunan rancangan akhir RPD 2023-2026, evaluasi RPD 2023-2026 di Bappeda Provinsi Papua, penomoran Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tentang Rencana Pembangunan Kabupaten Dogiyai Tahun 2023-2026.

Panitia Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Daerah Dogiyai tahun 2023-2026  Ofir Yobee, S.Sos menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terselenggaranya forum ini dengan aman dan lancar. Forum tersebut dihadiri juga para staf ahli, asisten, tenaga ahli dari Universitan Cenderawasih Jayapura, Papua, para kepala bagian, kepala bidang, kepala distrik, kepala sub bagian program setiap OPD, para aparatur sipil negara (ASN), tokoh agama, pemuda, perempuan, dan undangan lainnya. (Odiyaiwuu.com)


suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
*) Oleh : Akbar Muram Dani, S.IP.*
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
PAW Anggota KPU Deiyai, Dilantik
suroso  Selasa, 22 Maret 2022 23:11
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan