Home Nabire Kapan Ada Lapangan Persinab?

Kapan Ada Lapangan Persinab?

suroso  Jumat, 13 Mei 2022 10:51 WIT
Kapan Ada Lapangan Persinab?

KAPAN ada lapangan Persinab, satu pertanyaan yang terus mengusik masyarakat dan pencinta sepakbola di Kabupaten Nabire. Bahkan kebutuhan ini terasa se wilayah Mepago dan daerah di luarnya.

Sudah lebih dari sepuluh tahun, Nabire tidak punya lapangan sepakbola. Lapangan sepakbola yang ada atas nama intansi pemerintah, sekolah dan kelurahan.

Gara-gara tidak punya lapangan sepakbola, upacara 17 Agustus, peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan peringatan hari nasional lainnya dilaksanakan milik intanasi pemerintah seperti lapangan Sapta Marga, milik Kodim 1705 Nabire.

Demikian pula ketika ada turnamen sepakbola seperti Tunamen Bupati Nabire Cub 2022 dan dua kali Turnamen Cartens Cup lalu dan kali ke 3 tahun ini, terpaksa dilaksanakan di lapangan milik instansi dan sekolah seperti di lapangan Sapta Marga sebagai pusat ditambah lapangan Yonif 753 Arvita. Lapangan sepakbola Den Zipur XII OHH, serta lapangan sepakbola SMP Negeri 5 Nabire.

Semasa Bupati Nabire, Drs Anselmus Petrus Youw mulai mencari lokasi sepakbola yang strategis untuk lapangan Persinab, terakhir lapangan SMP Negeri 5 dilirik sebagai lapangan Persinab. Rencana tersebut tidak tuntas dan sirna bersama masa jabatan Bupati AP Youw Adama.

Ketika masanya Isaias Douw menjabat Bupati Nabire, periode pertama melupakan lapangan Persinab. Periode kedua, lapangan sepakbola dicanangkan di Kalibobo dan pekerjaan, sebagain sudah digarap. Rencana tersebut juga terhenti.

Kini, harapannya kepada Bupati Mesak Magay, Wakil Ismail Djamaluddin, apakah Nabire akan punya lapangan sepakbola Persinab?

Apakah mungkin, lapangan Persinab bisa disulap dalam dua tahun lebih masa jabatan (2022, 2023 dan pertengahan 2024). Tahun 2022 kini memasuki triwulan kedua, lagi pula perencanaan kegiatan dan anggaran disusun penjabat Bupati, Bupati dan Wakil Bupati terpilih melaksanakan program yang sudah ada. Akankah, lapangan Persinab akan ada dalam sisa waktu efektif hanya tahun 2023.

Untuk membangun satu lapangan sepakbola seperti lapangan Persinab, dibutuhkan dukungan semua pihak tidak hanya pemerintah eksekutif tetapi juga legislatif, pemilik tanah (masyarakat adat dan pemilik sertifikat), pengusaha dan masyarakat. Karena, dengan adanya lapangan Persinab akan memacu pengembangan bakat sepakbola dari generasi muda di daerah ini dan menjadi ajang hiburan gratis ketika gelaran turnamen dan sejenisnya di Nabire. (ans) 


suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
*) Oleh : Akbar Muram Dani, S.IP.*
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
PAW Anggota KPU Deiyai, Dilantik
suroso  Selasa, 22 Maret 2022 23:11
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan