Home Nabire Diduga KTP Aspal Beredar Ditengah Warga

Diduga KTP Aspal Beredar Ditengah Warga

suroso  Selasa, 24 Mei 2022 9:33 WIT
Diduga KTP Aspal Beredar Ditengah Warga

NABIRE – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nabire menduga adanya Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) asli tapi palsu (Aspal) beredar di tengah masyarakat. KTP tersebut dikeluarkan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab sehingga nomor penduduknya tidak terdaftar di server kependudukan yang dikelola Dukcapil.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nabire, Barnabas Watopa saat rapat dengan Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nabire dipimpin Klemens Danomira di Ruang Rapat Bamus DPRD, Senin (23/5) mengatakan ditengarai sedang beredar KTP El yang tidak sah di tengah masyarakat. KTP tersebut bila disingkronkan dengan server, nomor kependudukan (NK) dan nomor induk kependudukan (NIK) tidak terdata di server. Oleh karena, ketika menginput data berdasarkan KTP tersebut tidak terkonek karena NK dan NIK tidak terdaftar di data kependudukan.

Watopa mengungkap, beberapa waktu, pembuatan KTP tersebut dilayani oleh salah satu usaha foto copy. Namun, pihak yang bersangkutan sudah diproses.

Modus pembuatan KTP El, malasnya mengurus KTP el ke Dukcapil, warga membayar kepada pihak lain yang bisa memasukan nomor induk kependudukan dan mencetaknya sebagai KTP. Watopa mengungkap, ketika ditanya, bayar berapa untuk membuat KTP tersebut, warga menjawab ada yang bayar Rp 100.000, Rp 200.000 sampai ada yang  Rp 300.000.

Dalam rapat, Watopa mengatakan warga bisa puas dengan KTP di luar Dukcapil tetapi sayangnya ketika diinput server kependudukan, tidak bisa terkoneksi. Kesulitan bagi pemilik KTP illegal tersebut tidak bisa mendapat pelayanan pemerintah yang terkonek dengan server untuk memastikan NK dan NIK pemilik KTP yang bersangkutan. Oleh sebab itu, pola seperti ini merugikan masyarakat itu sendiri.

Untuk menagkal ulah seperti ini, Plt Kadin Dukcapil ini menilai butuh dukungan pihak penyidik agar tidak lagi praktik pemalsuan administrasi kependudukan di daerah ini. (ans)


suroso  Senin, 27 Juni 2022 0:2
Tindakan Kepolisian : SAKSI DIDUGA DIJADIKAN TERSANGKA TANPA CUKUP ALAT BUKTI (Studi Kasus Pengeroyokan, salah penanganan).
Dalam penegakan hukum positif di Indonesia terhadap berbagai kasus yang terjadi dari segi penanganan kasus tidak mengedepankan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 01 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian dan Standar Operasional Prosedur (SOP) baku yang berlaku dalam tubuh Kepolisian Republik Indonesia.
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
DPRD Dogiyai Tunda Undang Eksekutif
suroso  Selasa, 5 April 2022 19:9
Plt. Sekda Pimpin Apel Pagi Di Satpol PP
suroso  Jumat, 1 April 2022 0:6
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan