Home Nabire DPRD Minta Penanganan Abrasi Kalibobo dan DAS Girimulyo

DPRD Minta Penanganan Abrasi Kalibobo dan DAS Girimulyo

suroso  Jumat, 30 September 2022 9:1 WIT
DPRD Minta Penanganan Abrasi Kalibobo dan DAS Girimulyo

NABIRE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nabire melalui Fraksi Koalisi Nabire Bersatu yang dibacakan Rodehi M Cahya pada Sidang Paripuruna yang ditutup Rabu (28/9) meminta pemerintah daerah untuk memperhatikan pemerintah memperhatikan masalah abrasi sepanjang pantai Kalibobo dan daerah aliran sungai (DAS) di Girimulyo.

Sebelumnya, saat terjadi musibah banjir yang menghantam Kampung Waroki bersama beberapa pemukiman lain sepanjang Pantai di Nabire, masyarakat Kampung Waroki juga meminta untuk pemerintah membangun talut sepanjang Pantai di Kampung Waroki dan Kalibobo. Wakil Bupati Nabire, Ismail Djamaluddin melihat secara langsung musibah banjir dihadapi warga Kampung Waroki. Saat kunjungan Wabup Ismail didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nabire, Victor Fun dan beberapa anggota DPRD Nabire yang tiba lebih awal untuk melihat bencana banjir di Waroki.

Menurut warga saat itu, ketika air dari laut mengamuk ke darat, sasarannya rumah penduduk dan tergenang di tengah pemukiman penduduk. Selain alasan ini, warga Kalibobo saat itu mengungkap, pantai Waroki dan Kalibobo sedang terjadi abrasi sehingga mengkuatirkan ketenangan masyarakat ketika ada musibah dari laut ke darat.

Masyarakat mengungkap, saat awal permukiman, bibir pantai jauh dari rumah warga. Namun, akibat abrasi yang terjadi hampir setiap tahun, lama-lama rumah penduduk yang semula jauh dari kini pinggir bibit pantai, jaraknya tidak lebih dari 5 meter.

Dalam kunjungan tersebut, Wabup Ismail menjelaskan untuk membangun talud seperti yang dimaksud masyarakat butuh proses lama melalui birokrasi di pemerintah. Oleh sebab itu, salah satu solusi yang ditawar Wabup Ismail, bagi warga yang punya lahan di darat sebaiknya pindah ke darat untuk menghindari ancaman dari laut.    

DPRD Nabire kembali mengingatkan kepada pemerintah untuk memperhatikan penanganan abrasi sepanjang Kalibobo dan daerah aliran sungau (DAS) di Girimulyo. DPRD melalui Fraksi Nabire Bersatu tidak hanya menyampaikan hal ini dalam pandangan umum fraksi tetapi kembali disampaikan ulang melalui Pendapat Akhir Fraksi yang dibacakan Udin Mardin, sebelum Wakl Ketua II, H Muhammad Iskandar menutup sidang paripurna. (ans)


suroso  Selasa, 30 Agustus 2022 23:28
Papua Dalam Permainan Sio (Persio) Penuh Korban
*) Oleh : Anton Agapa (TOA)
suroso  Selasa, 4 Oktober 2022 0:21
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star
Penulis Christina Meylani Selina Rumpaidus

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan