Home Nabire Ribka Haluk Resmi Pj Gubernur Papua Tengah

Ribka Haluk Resmi Pj Gubernur Papua Tengah

suroso  Kamis, 17 Nopember 2022 8:59 WIT
Ribka Haluk Resmi Pj Gubernur Papua Tengah

NABIRE - Berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2022 Tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah yang ditetapkan tanggal 25 Juli 2022, akhirnya  Menteri Dalam Negeri, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D secara resmi melantik tiga penjabat gubernur tiga provinsi baru (DOB) di Papua, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan hari ini, Jumat (11/11) di Lapangan Plaza Kantor Pusat Kemendagri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Tiga penjabat yang dilantik masing-masing, Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan, serta Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah.

Dalam sambutannya, Mendagri mengatakan, pemekaran provinsi di Papua adalah wujud nyata pemerintah untuk mempercepat pembangunan di Tanah Papua. Dan aspirasi pemekaran Papua cukup lama diimpikan oleh masyarakat. Dan dengan adanya 3 DOB saat ini, Indonesia memiliki 37 Provinsi, lima diantaranya ada di Tanah Papua. 

“Yang dari Boven Digul tidak perlu lagi ke Jayapura, cukup ke Merauke, yang dari Dogiyai, Intan Jaya tidak perlu lagi ke Jayapura, cukup ke Nabire, kemudian sama juga yang dari Yalimo, Nduga cukup ke Wamena. Pemekaran jangan disikapi sebagai hal yang negative, saya lebih banyak positifnya,” ungkap Mendagri. 


Latar Belakang 3 Pj Gubernur DOB Papua


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melantik tiga Penjabat (Pj.) Gubernur Daerah Otonom Baru (DOB) Papua. Pelantikan dilakukan di Plaza Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

Pelantikan dilaksanakan dalamangkaian acara dari peresmian tiga DOB Papua, yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan yang berlangsung secara bersamaan.

Ketiga Pj. yang dilantik tersebut berasal dari kalangan sipil yang merupakan putra-putri asli Papua. Ketiganya dilantik setelah lolos seleksi oleh Tim Penilai Akhir (TPA). Mereka dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 115/P Tahun 2022 tanggal 10 November 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

"Dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanallahu Wa Ta'ala, atas rahmat dan taufiknya, pada hari Jumat, tanggal 11 November 2022, saya Menteri Dalam Negeri resmi melantik Saudara Apolo Safanpo sebagai Penjabat Gubernur Papua Selatan, Saudari Ribka Haluk sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah, Saudara Nikolaus Kondomo sebagai Penjabat Gubernur Papua Pegunungan," kata Tito mengucapkan kata-kata pelantikannya dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (11/11/2022).

Diketahui, Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo merupakan Staf Ahli Mendagri Bidang Pemerintahan yang lahir di Agats, 24 April 1975. Kemudian, Pj. Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo merupakan Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Internasional Kejagung, yang lahir di Merauke pada 13 Maret 1964. Sementara itu, Pj. Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk merupakan Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik yang lahir di Piramid pada 10 Januari 1971.

"Saya percaya bahwa saudara/saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," tutur Tito. (cad/ist) 


suroso  Selasa, 30 Agustus 2022 23:28
Papua Dalam Permainan Sio (Persio) Penuh Korban
*) Oleh : Anton Agapa (TOA)
suroso  Selasa, 4 Oktober 2022 0:21
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star
Penulis Christina Meylani Selina Rumpaidus

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan