Home Pemda Intan Jaya Dampak Konflik Pengaruhi Status Gizi Anak di Pedalaman Intan Jaya

Dampak Konflik Pengaruhi Status Gizi Anak di Pedalaman Intan Jaya

suroso  Rabu, 14 Juni 2023 9:36 WIT
Dampak Konflik Pengaruhi Status Gizi Anak di Pedalaman Intan Jaya

INTAN JAYA - Kurangnya pasokan makanan yang memadai ke kampung kampung terpencil, akibat konflik bersenjata, mengakibatkan warga terutama anak anak mulai kekurangan gizi.

Konflik bersenjata yang berkepanjangan di wilayah Intan Jaya selama lima tahun terahir, berdampak pada menurunnya berbagai aspek kehidupan di wilayah tersebut. Salah satu di antaranya adalah kondisi kekurangan gizi pada anak anak.

Kekurangan Gizi pada anak anak ini, terjadi akibat tidak adanya pasokan bahan makanan yang memadai ke wilayah wilayah perkampungan terpencil dipedalaman Intan Jaya, yang berada jauh dari ibukota kabupaten.

Kondisi ini terjadi sejak adanya konflik bersenjata antara TNI POLRI dan kelompok TPN OPM.

Warga kesulitan memperoleh bahan makanan yang cukup. Di karenakan jarak tempuh yang jauh dari dan ke ibu kota kabupaten, serta letak geografis yang sulit, dan situasi keamanan yang tidak kondusif, akibat adanya konflik bersenjata tersebut.

di khawatirkan kondisi kekurangan gizi ini meningkat menjadi situasi Gizi Kronis atau stunting, hal ini dapat berakibat terganggunya pertumbuhan fisik dan mental anak anak.

Pemerintah surfei status gizi anak anak di pedalaman Intan Jaya Dampak konflik bersenjata, Situasi ini di tanggapi pemerintah daerah Intan Jaya Papua Tengah, dengan mengirim puluhan petugas Dinas Kesehatan, ke kampung kampung terpencil, guna melaksnakan tugas surfei status gizi.

Para petugas ini di kirim melalu jalur udara, sebagai satu satunya akses, yang dapat menjangkau wilayah wilayah perkampungan terpencil.

guna melakukan pendataan status gizi.

Enam puluh Delapan orang tenaga kesehatan, di lepas untuk melaksanakan tugas surfei gizi, oleh Bupati Intan Jaya, Apolos Bagau, dan kepala Dinas Kesehatan, Agustinus Bagau, dalam upacara, yang di laksanakan di Bandar Udara Bilorai Sugapa.Dari beberapa kali sejak pertengahan bulan lalu sampai hari ini senin12/6/2023.

Pengiriman petugas surfei gizi masih terus di lakukan hingga hari ini, di karenakan penyesuaian jadwal dengan kondisi cuaca bagi penerbangan transportasi udara.

Agustinus Bagau Kepala Dinas Kesehatan Intan Jaya mengatakan, Surfei status gizi di lakukan pada Sembilan pulu Tujuh kampung terpencil di intan Jaya,

Pendataan status gizi ini sebagai wujud komitmen Pemerintah setempat, dalam upaya pembangunan kesehatan masyarakat dalam program seratus hari kerja Penjabat Bupati Intan Jaya Apolos Bagau.

Surfei gizi kali ini juga di lakukan sebagai realisasi program Kementrian Kesehatan dalam upaya menurunkan jumlah kondisi stunting di Papua, yang mengalami peningkatan per tahun 2023. (ist)


suroso  Rabu, 3 Juli 2024 2:43
Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Guru Rendah
Penulis : Wiantri Viami Amin, S.Pd Tingkat kehadiran guru ke sekolah yang masih rendah merupakan salah satu permasalahan yang masih sering terjadi di Papua terkait mutu guru. Beberapa guru memiliki alasan jarak sekolah dengan kediaman yang jauh dan sepi merupakan salah satu alasan dari kurangnya kehadiran guru.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan