Home Pemda Deiyai Lanjuti Kebijakan Merdeka Belajar, Dispen Temu Perdampingan Audensi Dengan BPMP Papua

Lanjuti Kebijakan Merdeka Belajar, Dispen Temu Perdampingan Audensi Dengan BPMP Papua

suroso  Rabu, 12 Juli 2023 7:20 WIT
Lanjuti Kebijakan Merdeka Belajar, Dispen Temu Perdampingan Audensi Dengan BPMP Papua

DEIYAI - Kementerian Pendidikan telah mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar bagi para pelajar di setiap jenjang pendidikan di seluruh Indonesia. Dalam rangka menyambut dan menindaklanjuti kebijakan Merdeka Belajar di setiap jenjang pendidikan di daerah, dari tingkat TK hingga tingkat SLTA, tanggal 11 Juli 2023, dilakukan temu perdampingan audensi antara Pemerintah Kabupaten Deiyai melalui Dinas Pendidikan Deiyai bersama dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Papua (BPMP) Provinsi Papua, di Nabire.

Pertemuan perdampingan audensi dihadiri Bupati Deiyai, Ateng Edowai, Sekda Deiyai, Elimelek Edowai, Ketua DPRD Deiyai, Petrus Badokapa, Wakil Ketua DPRD, P. Agapa, Kepala Dinas Pendidikan Deiyai, Natainel Pekey, berserta Kabid dan juga Kepala BPMP Papua, Dr. Yunus Simangunsong, SSi, MT, serta tim kerja, Kabid, staf dari BPMP Papua.

Dikatakan Bupati Deiyai, Ateng Edowai, pendidikan adalah induk dari semua aspek. Karena berbicara apa saja tentu melalui pendidikan. Baik pendidikan formal maupun non formal.  Maka pendidikan sangat penting dan utama dalam membangun daerah, negara dan bangsa. 

Dan bicara pendidikan berarti bicara sumber daya manusia (SDM) maka program pendidikan, telah menjadi program prioritas, yang melalui upaya-upaya untuk bagaimana meningkatkan mutu pendidikan di daerah melalui berbagai bentuk program pendidikan, sesuai kondisi dan kebutuhan  pendidikan di daerah.

Oleh sebab itu, kebijakan dari Kementerian Pendidikan tentang Merdeka Belajar ini, bagian dari satu kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di daerah, untuk dapat meningkatkan sumber daya manusia yang berkwalitas. Maka untuk meningkatkan kwalitas manusia, katanya, tentu didukung dan ditunjang juga dengan berbagai fasilitas, sarana, tenaga guru dan berbagai bentuk dan faktor penunjang lainnya.

Oleh sebab itu, Bupati Deiyai Ateng Edowai, mengapresiasi atas temu perdampingan audensi yang dilakukan antara BPMP dengan Dinas Pendidikan Deiyai atas menanggapi dan menindaklanjuti kebijakan Kementerian Pendidikan tentang Merdeka Belajar bagi para pelajar setiap jenjang pendidikan di daerah di seluruh Indoensia, termasuk di Deiyai.  

“Saya selaku kepala daerah sangat sambut baik dan apresiasi atas kerja sama dan pendampingan audensi yang dilakukan ini. Karena melalui kebijakan Merdeka Belajar akan dapat meningkatkan mutu pendidikan di daerah di seluruh Indonesia dan akan dapat menjadi kwalitas, seiring perkembangan di era persaingan global saat ini,” katanya.

Lanjut Bupati, kedepan dapat terus kerjasama, berdampingan dalam menindaklanjuti kebijakan kementerian pendidikan di daerah, khususnya di Deiyai. Agar dapat terus meningkatkan mutu pendidikan melalui kebijakan yang diterapkan bersama dengan kebijakan peningkatkan mutu pendidikan di Deiyai, melalui dinas terkait. 

“Mengingat pentingnya pendidikan bagi anak-anak maka saya telah biayai pilot dan dalam tahun ajaran 2023 ini juga saya akan sekolahkan 10 sampai 18 anak negeri Deiyai. Akan sekolahkan dokter gigi dan dokter umum di luar Papua yaitu di Makassar dan Jawa,” ungkap Bupati Deiyai.

Lanjuti Bupati, kedepan tingkatkan mutu pendidikan di Deiyai, pihaknya akan berupaya benahi fasilitas penunjang pendidikan di sekolah secara bertahap melalui dinas terkait. Dirinya mohon dukungan dan partisipasi dari pihak terkait, terutama BPMP dan pihak terkait lainnya, dalam mendororng dan meningkatkan mutu pendidikan, untuk mewujudkan anak-anak berkwalitas demi mencerdasakn kehidupan bangsa. 

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala BPMP Papua, Dr. Yunus menyambut baik dan mengapresiasi atas kerjasama dan kordinasi serta pendampingan yang dilakukan antara BPMP dengan Pemerintah Kabupaten Deiyai melalui Dinas Pendidikan Deiyai.  

Karena menurutnya, apa yang dilanjuti terhadap kebijakan Kementerian Pendidikan Merdeka Belajar ini tentu salah satu tujuan utama adalah tingkatkan mutu pendidikan di daerah sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan secara nasional. Maka, kata dia, kedepan apa yang menjadi kekurangan akan dibenahi bersama, terutama dalam menerapkan program Merdeka Belajar. 

“Sesuai respon, kami akan berupaya bersama, berdampingan, untuk memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan melalui sekolah-sekolah, salah satunya benahi asesmen dan lainnya,” ungkapnya.           

Sementara itu, sesuai berkat kerjasama dan berdampingan, BPMP memberikan cendramata kepada Bupati Deiyai, Ateng Edowai, didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Natainel Pekei, dan diakhiri dengan foto bersama. (hbb)    


suroso  Rabu, 15 Mei 2024 16:13
REKRUITMEN POLITIK DI TANAH PAPUA
Tentu kita semua ketahui bersama bahwa Rekruitmen Politik untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah. Untuk Papua tentu harus mendasari dengan ketentuan Pasal 28 ayat 3 dan 4 UU No 21 tahun 2001 jo UU No 2 tahun 2021 untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah,Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah.
suroso  Kamis, 3 Agustus 2023 0:39
Mafia Tanah Adat di Papua Harus Dilawan
Masyarakat adat telah hidup pada wilayah adatnya masing masing sejak leluhur tanpa saling mengganggu, pada waktu lalu upaya upaya penguasaan kadang berakhir dengan konflik fisik, namun harus diakui juga terjadi juga migrasi dari satu wilayah adat ke wilayah adat lain, karena konflik dalam keluarga atau saat perang hongi.dll.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan