Home Nabire Aplikasi dan Implementasi Pengelolaan Kinerja ASN, Disosialisasikan

Aplikasi dan Implementasi Pengelolaan Kinerja ASN, Disosialisasikan

suroso  Jumat, 28 Juli 2023 8:9 WIT
Aplikasi dan Implementasi Pengelolaan Kinerja ASN, Disosialisasikan

NABIRE – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Menusia (BKPSDM) Provinsi Papua Tengah dengan BKN Provinsi Papua, menggelar sosialisasi terkait aplikasi dan implementasi Permen dan PanRB Nomor 6 tahun 2022 tentang pengelolaan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Sosialisasi digelar di Aula Kantor Gubernur Provinsi Papua Tengah, Kamis (27/7/23).

Kegiatan dihadiri staf ahli gubernur bidang kemasyarakatan, SDM dan pengembangan Otsus Provinsi Papua Tengah, Ukkas, S.Sos., M.KP, sekaligus membuka kegiatan tersebut. 

Dalam sambutan Pj Gubernur Papua Tengah menyampaikan terimakasih serta penghargaan kepada narasumber dari BKN Regional IX Jayapura yang akan memberikan materi dan pendampingan dalam kegiatan ini. Dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Presiden No 95 tahin 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik dan untuk mendukung pengelolaan kinerja pegawai ASN di lingkungan instansi pemerintah. Maka pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Negara telah membuat dan menerapkan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).

“Dalam kegiatan ini kita akan mulai menerapkan sistem informasi pengelolaan kinerja pegawai ASN (E–KINERJA) yang merupakan intregasi dari SIASN,” tuturnya.

Dikatakan, penerapan aplikasi e–kinerja ini diharapkan dapat membantu dalam, pertama, pengelolaan kinerja pegawai ASN mulai dari penyusunan SKP hingga Penilaian SKP. Kedua, percep[atan layanan kepegawaian dalam SIASN seperti layanan kenaikan pangkat dan layanan pemberhentian tanpa mengungga dokumen (PAPERLESS). Ketiga, dapat menjadi dasar pembayaran TPP.

Lanjutnya, sebagai upaya peningkatan efisiensi penggunaan anggaran secara nasional sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor 11 tahun 2023 tentang penggunaan dan pemanfaatan aplikasi E–Kinerja maka diharapkan kepada seluruh pemerintah di wilayah Papua Tengah agar dapat menerapkan aplikasi E–kinerja BKN secara utuh dan seterusnya. Dan kepada seluruh pejabat pembina kepegawaian agar dapat memastikan seluruh pegawai ASN di lingkungannya untuk menggunakan aplikasi E–Kinerja BKN.

“Sehubungan dengan hal tersebut kami sangat mengharapkan pendampingan dari Badan Kepegawaian Negara dalam penerapan aplikasi E–Kinerja kepada seluruh pemerintah daerah di wilayah Papua Tengah dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tengah untuk meningkatkan pengelolaan kepegawaian yang lebih mudah, efektif, efisien dan akuntabel,” tuturnya.     

Salah seorang narasumber, Syonten Hindom kepada Papuapos Nabire, mengatakan Tupoksinya adalah terkait fasilitasi kinerja. 

“Pada hari ini kita mengapresiasi kepada apa yang dilakukan pihak Provinsi Papua Tengah dan ini juga salah satu bentuk komitmen nyata,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan dari hasil evaluasi terkait otonomi khusus, salah satu dari pemerintahan akutansi rehabilitas pemerintahan di wilayah otonomi khusus Papua itu sempat direvisi dari Badan Pemeriksa Keuangan, Makanya pihaknya merasa komitmen yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua Tengah selaku instansi DOB yang baru hadir di Papua, ini menunjukan keseriusan dan mendukung program nasional Indonesia Satu Data.

“Jalannya pemerintahan di Papua secara umum kita harus berpegangan betul kepada rencana induk percepatan pembangun Papua. Jadi yang dilakukan Pemerintah Papua Tengah juga mendukung dua poin yang penting dalam kegiatan ini. Provinsi Papua Tengah betul–betul berkomitmen dalam mewujutkan Indonesia Satu Data. Dalam hal ini penyelengaraan pemerintahan kepegawaiaan yang dulu lama karena kita pakai sistim manual ke depan akan muncul satu tantangan terbaru lagi, kita harus memastikan semua orang harus berkolaborasi,” ujarnya. (rob) 


suroso  Rabu, 3 Juli 2024 2:43
Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Guru Rendah
Penulis : Wiantri Viami Amin, S.Pd Tingkat kehadiran guru ke sekolah yang masih rendah merupakan salah satu permasalahan yang masih sering terjadi di Papua terkait mutu guru. Beberapa guru memiliki alasan jarak sekolah dengan kediaman yang jauh dan sepi merupakan salah satu alasan dari kurangnya kehadiran guru.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan