Home Nabire Akhirnya Bantuan Pemprov Papua Tengah Tembus ke Agandugume dan Lambewi

Akhirnya Bantuan Pemprov Papua Tengah Tembus ke Agandugume dan Lambewi

suroso  Jumat, 4 Agustus 2023 18:58 WIT
Akhirnya Bantuan Pemprov Papua Tengah Tembus ke Agandugume dan Lambewi

NABIRE – Setelah sekian lama terkendala faktor cuaca dan lainnya, akhirnya penyaluran bantuan Pemerintah Provinsi Papua Tengah tembus (sampai, red) pada Jumat (4/8/23) di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, Kabupaten Puncak. Bantuan Pemprov Papua Tengah untuk korban terdampak bencana kekeringan di kedua distrik itu, dikawal langsung oleh Kepala Dinas Sosial, P3A Papua Tengah, Nenu Tabuni dan Kepala Dinas Kesehatan Papua Tengah, Silwanus Sumule beserta staf.

Kepada Papuapos Nabire, Nenu Tabuni, mengatakan, pada tanggal 3 hingga 5 Juni 2023, terjadi bencana kekeringan akibat es salju dan dipicu musim kemarau berkepanjangan mengakibatkan gagal panen dan kelaparan di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah. Akibat bencana itu, lanjut dia, dikabarkan ada warga yang meninggal dunia dan ribuan warga terdampak kelaparan.

“Kepala Dinas Kesehatan dan staf Kabupaten Puncak sudah ada di Distrik Agandugume sejak 3 hari lalu. Secara rinci Kepala Dinas Kesehatan Papua Tengah akan melaporkan,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, tiga orang tim BPBD dari Kabupaten Puncak sudah ada di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi.

“Hari ini Jumat tanggal 4 Agustus 2023 tim Pemprov Papua Tengah melalui Kepala Dinas Sosial P3A dan Kepala Dinas Kesehatan Papua Tengah sudah tiba dan bertatap muka langsung dgn masyarakat yang kena dapak bencana kekeringan akibat hujan es di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi,” tutur Nenu Tabuni.

Lebih lanjut dirinya mengemukakan, Pemerintah Kabupaten Puncak sudah membantu bahan makanan seminggu yang lalu. 

“Lahan pertanian masyarakat gagal panen akibat hujan es. Jaringan komunikasi publik belum ada. Tim Pemerintah Provinsi Papua Tengah tiba di Distrik Agandugume aman terkendali dan tidak ada gangguan apapun,” kata Nenu.

Dikatakan Nenu, pihaknya bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Tengah, dan Kabupaten Puncak melakukan gerak cepat dengan membawa bantuan logistik ke daerah terdampak di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi.

Disinggung soal kendala, kata dia, akses jalan menuju lokasi satu-satunya hanya dapat diakses dengan helicopter. 

“Sementara kapasitas helikopter Asian One yang kami pakai hari ini sangat kecil sehingga bantuan tidak bisa diangkut semuannya.  Besok kami masih kirim bantuan lagi ke Distrik Agandugume menggunakan pesawat helicopter,” ujarnya. (Papuapos Nabire)

suroso  Rabu, 3 Juli 2024 2:43
Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Guru Rendah
Penulis : Wiantri Viami Amin, S.Pd Tingkat kehadiran guru ke sekolah yang masih rendah merupakan salah satu permasalahan yang masih sering terjadi di Papua terkait mutu guru. Beberapa guru memiliki alasan jarak sekolah dengan kediaman yang jauh dan sepi merupakan salah satu alasan dari kurangnya kehadiran guru.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan