Home Pemda Dogiyai Pemkab Dogiyai Komitmen Tanggulangi Stunting

Pemkab Dogiyai Komitmen Tanggulangi Stunting

suroso  Rabu, 1 Nopember 2023 7:5 WIT
Pemkab Dogiyai Komitmen Tanggulangi Stunting

DOGIYAI - Penanggulangan stunting perlu memiliki komitmen bersama yang harus dijalankan di Kabupaten Dogiyai. Hal ini dikatakan Pj. Bupati Dogiyai, Drs. Petrus Agapa, M.Si, dalam rapat koordinasi tim percepatan penurunan stunting tingkat Kabupaten Dogiyai aksi 4.  Telah ditetapkan dalam Peraturan Bupati nomor 17 tahun 2023 tentang percepatan penurunan dan pencegahan stunting terintegrasi.

Dikatakan pula, tim percepatan penurunan stunting Kabupaten Dogiyai telah melakukan aksi 1 sampai dengan aksi 3. Dan pada kesempatan ini dilakukan aksi 4 yaitu sosialisasi Peraturan Bupati nomor 17 tahun 2023. Dengan harapan Peraturan Bupati ini bisa disebarluaskan sampai ke tingkat kampong. Sebagai upaya pencegahan stunting dgn pelayanan yang optimal.

Dijelaskan, stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis yang bisa menyebabkan antara lain anak terlalu pendek untuk seusianya, terganggunya perkembangan otak, kecerdasan, dan gangguan metabolisme tubuh.

Sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk memeprcepat penurunan stunting, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stuntung. Peraturan tersebut memberikan payung hukum bagi strategi nasional percepatan penurunan stuntung di Indonesia.

Penanganan stuntung secacra garis besar dilakukan melalui intervensi gisi spesifik dan intervensi gizi sensitif yang difokuskan pada 1000 haria pertama kehidupan.

Intervensi gizi spesifik adalah intervensi yang berhubungan dengan peningkatan gizi dan kesehatan, sementara intervensi sensitif adalah intervensi pendukung seperti penyediaan air bersih dan sanitasi.

Konvergensi program yang terkait dengan penurunan stunting menjadi kata kunci untuk memastikan program -program intervensi dapat dilaksanakan dan dimanfaatkan. (PPN)


suroso  Kamis, 23 Nopember 2023 23:29
Setelah Pemilu 2024 Apakah Akan Banyak Caleg Yang Masuk Rumah Sakit Jiwa
Dunia oh dunia, mungkin itu yang banyak dibahas oleh banyak Guru dan Ustadz ketika mengisi materi baik pembelajaran dikelas ataupun ketika dimajelis. Dunia memang terkenal sangat hijau, kenapa dibilang sangat hijau? Dikarenakan dunia itu sangat nikmat dan sangat menggiurkan bagi para manusia yang mengejar kenikmatan dunia.
suroso  Kamis, 3 Agustus 2023 0:39
Mafia Tanah Adat di Papua Harus Dilawan
Masyarakat adat telah hidup pada wilayah adatnya masing masing sejak leluhur tanpa saling mengganggu, pada waktu lalu upaya upaya penguasaan kadang berakhir dengan konflik fisik, namun harus diakui juga terjadi juga migrasi dari satu wilayah adat ke wilayah adat lain, karena konflik dalam keluarga atau saat perang hongi.dll.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Pengumuman Hasil Tertulis Psikologi
suroso  Jumat, 1 Desember 2023 0:2
DPRD Deiyai Gelar Rapat Paripurna
suroso  Rabu, 29 Nopember 2023 0:28
Masalah Topo Damai, 2,3 M Tanda Selesai
suroso  Kamis, 14 Desember 2023 8:45
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan