Home Nabire Bappeda Nabire Gelar FGD Lingkungan Hidup Strategis

Bappeda Nabire Gelar FGD Lingkungan Hidup Strategis

suroso  Selasa, 21 Nopember 2023 8:35 WIT
Bappeda Nabire Gelar FGD Lingkungan Hidup Strategis

NABIRE- Bappeda Kabupaten Nabire menggelar Fokus Group Discussion (FGD) terkait lingkungan hidup strategis. Kegiatan digelar di aula Beppeda Kabupaten Nabire, beberapa waktu lalu. Kegiatan yang dihadiri tim ahli dari Universitas Cenderawasih (Uncen) Papua, Dr. Halomoan Hutajulu, M.Si bersama tim membahas dan berdiskusi dengan para OPD terkait.

Dikatakan Dr. Halomoan Hutajulu, M.Si, Pemerintah Kabupaten Nabire memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk membantu menyusun dokumen KLHS RPJPD periode 2025-2045. Kata dia, kegiatan ini adalah bagaimana memastikan pembangunan yang dilaksanakan oleh Kabupaten Nabire periode jangka panjang 2025-2045. Pembangunan yang dilakukan tidak semata-mata berorientasi terhadap makro ekonomi atau berorientasi terhadap output. Tetapi juga harus memperhatikan kelestarian lingkungan. Ditekankan dengan adanya KLHS ini maka yang disasar adalah kebijakan.

Sementara dari sisi kebijakan, kata dia, semua OPD bertanggung jawab dan juga terlibat di dalam menyusun buku ini. Karena nanti hasil dari KLHS ini setiap OPD di Kabupaten Nabire ini wajib memasukkannya di dalam Renstra tahun mendatang di jenjang mereka masing-masing. 

Diharapkan kebijakan rencana atau program yang digunakan oleh masing-masing OPD itu nanti menyesuaikan dengan rekomendasi yang dikeluarkan dari dokumen KLHS RPJPD ini. Harapannya, dengan adanya KLHS RPJPD ini pembangunan yang akan dilaksanakan untuk jangka panjang ke depan bahkan untuk yang akan dibagi untuk 4 masa pemerintahan di dalam RPJMD nanti juga akan tercipta pembangunan yang berkelanjutan dan juga akan menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Bappeda Kabupaten Nabire, Dr. H Mukayat, S.Pd, M.Si, M.Pd, mengatakan, Bappeda sebagai badan perencanaan daerah dalam rangka penyusunan RPJPD 2025-2045 dan KLHS 2025-2045, wawasan maupun data-data dari masyarakat dan perbankan agar masukkan-masukan yang positif yang akan digali disusun menjadi perencanaan di 20 tahun. Agar perencanaan yang dihasilkan Bappeda terutama Kabupaten Nabire tidak sekedar rencana emas. 

“Maknanya, kita ingin membuat perencanaan yang tidak terlalu rumit. Tapi dapat diimplementasikan di masyarakat untuk kurun waktu yang begitu lama. Sehingga di dalam perencanaan ini kita harus memprediksi, kita harus membayangkan apa yang terjadi 20 tahun yang akan datang,” ujarnya. (feb)


suroso  Rabu, 3 Juli 2024 2:43
Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Guru Rendah
Penulis : Wiantri Viami Amin, S.Pd Tingkat kehadiran guru ke sekolah yang masih rendah merupakan salah satu permasalahan yang masih sering terjadi di Papua terkait mutu guru. Beberapa guru memiliki alasan jarak sekolah dengan kediaman yang jauh dan sepi merupakan salah satu alasan dari kurangnya kehadiran guru.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan