Home Nabire Hiu Paus Jantan Mati, Terdampar di Pantai Sembor

Hiu Paus Jantan Mati, Terdampar di Pantai Sembor

suroso  Selasa, 20 Februari 2024 11:40 WIT
Hiu Paus Jantan Mati, Terdampar di Pantai Sembor

NABIRE - Ikan Hiu Paus mati dan terdampar di Pantai Sembor, Kelurahan Kalibobo, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah, mendapat perhatian masyarakat Nabire dan dari Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Pertanahan Provinsi Papua Tengah, Yan Richard Pugu, S.Hut.,M.Si.
Dalam kesempatan itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Pertanahan Papua Tengah, Yan mengatakan, Hiu Paus berukuran besar (Rhincodon Typus) berukuran 5,5 meter dan lebar 1,2 meter tersebut ditemukan mati terdampar di Pantai Sembor Nabire sekitar pukul 09.00 WIT, berdasarkan informasi dari warga setempat.


Tim dari Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) telah melakukan observasi lokasi. Dari pengamatan, Hiu Paus berkelamin jantan tersebut memiliki panjang 5.5 meter dasn lebar 1.2 meter.
Menurut Pantauan Papuapos di lapangan ikan tersebut dari bagian luar tubuh Hiu Paus tersebut tidak ditemukan luka atau tanda yang mengindikasikan adanya perburuan oleh pihak tertentu.


Diduga, Hiu Paus tersebut mengejar pakan hingga ke perairan dangkal. Namun untuk menjawab penyebab lain, pihak Dinas Lingkungan Hidup Papua Tengah telah berkoordinasi dengan pihak karantina hewan, jika memungkinkan dilakukan autopsi dan rencana selanjutnya, bersama pihak TNTC dan masyarakat sekitar dan  Hiu Paus tersebut akan segera dikuburkan.


Sebagai informasi, Hiu Paus adalah spesies ikan yang terbesar dan bukanlah Paus. Hiu ini diduga dapat tumbuh sampai 18 samapai 20 meter, walaupun sangat jarang ditemukan spesimen yang berukuran di atas 12 M dengan bobot 20 ton. Walaupun ukurannya besar, Hiu ini cenderung jinak dan tidak berbahaya untuk manusia.
Memiliki kulit setebal 2 MM yang berwarna abu-abu yang dihiasi totol-totol putih. Menurut para ilmuwan, pola totol-totol itu dianggap unik untuk masing-masing individu dan dapat digunakan sebagai dasar identifikasi individu Hiu Paus.(rob)

suroso  Kamis, 23 Nopember 2023 23:29
Setelah Pemilu 2024 Apakah Akan Banyak Caleg Yang Masuk Rumah Sakit Jiwa
Dunia oh dunia, mungkin itu yang banyak dibahas oleh banyak Guru dan Ustadz ketika mengisi materi baik pembelajaran dikelas ataupun ketika dimajelis. Dunia memang terkenal sangat hijau, kenapa dibilang sangat hijau? Dikarenakan dunia itu sangat nikmat dan sangat menggiurkan bagi para manusia yang mengejar kenikmatan dunia.
suroso  Kamis, 3 Agustus 2023 0:39
Mafia Tanah Adat di Papua Harus Dilawan
Masyarakat adat telah hidup pada wilayah adatnya masing masing sejak leluhur tanpa saling mengganggu, pada waktu lalu upaya upaya penguasaan kadang berakhir dengan konflik fisik, namun harus diakui juga terjadi juga migrasi dari satu wilayah adat ke wilayah adat lain, karena konflik dalam keluarga atau saat perang hongi.dll.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan