Home Nabire DPPKB Nabire Memprogramkan Pelayanan KB Gratis

DPPKB Nabire Memprogramkan Pelayanan KB Gratis

suroso  Rabu, 24 April 2024 21:48 WIT
DPPKB Nabire Memprogramkan Pelayanan KB Gratis

NABIRE - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Nabire melaksanakan program rutin pelayanan KB dan pemasangan implan gratis untuk membantu masyarakat yang tidak mampu dan penanganannya langsung dari bidang KB. Ada empat bidang, dua tenaga bagian, yaitu pegawai daerah dan pegawai fungsional.


Kepala DPPKB Nabire Agustinus, S.Ag.,M.AP mengatakan, program pelayanan KB gratis, kemudian pelayanan gratis saat Harganas dan pelayanan gratis juga dilakukan pada Hari Kartini kemarin. Pelayanan gratis dilaksanakan setiap tahun sebanyak tiga kali.


Saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (24/4/2024), Agustinus menambahkan, pelayanan akan dilakukan oleh bidang KB bersama tenaga penyuluh yang ada di lapangan, bersama bidang yang ada di Puskesmas-puskesmas, juga kerjasama dengan bidang kesehatan, bidang Keluarga Sejahtera (KS), penanganannya terkait dengan stunting.


Tambahnya, untuk stunting melalui dengan pendataan/ pengambilan data di lapangan, didampingi tenaga ahli tingkat kabupaten, tenaga pendamping tingkat distrik dan tenaga pendamping tingkat kampung.


"Rutinitas pelatihan tahunan dilakukan dua kali, pelatihan dari PPKB provinsi dan PPKB kabupaten. Anggaran yang dipakai dari Dana Alokasi Khusus (DAK). PPKB Kabupaten melakukan program yang berkolaborasi dengan PPKB provinsi," katanya.


Agustinus kembali menyampaikan, struktur penanganan stunting atu gizi buruk, yang menjadi ketua adalah wakil bupati. Bidang advokasi itu hanya tentang penyuluhan tingkat pra-nikah, penyuluhan tingkat sekolah.


"Bidang Pengendalian Penduduk dan Penyuluhan (Dalduk), berkaitan hanya dengan pengambilan data, pergerakan pelayanan KB ini dimaksudkan untuk meningkatkan capaian kesetaraan dan sebagai upaya percepatan penurunan stunting," ujarnya.


Imbuhnya, ada jenis-jenis KB, yaitu pemasangan implan (susuk KB), merupakan salah satu pilihan alat kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan. KB suntik juga sebagai alat kontrasepsi yang aman untuk ibu menyusui, KB pil kontrasepsi hormonal yang umumnya digunakan untuk mencegah kehamilan.(sam)

suroso  Rabu, 15 Mei 2024 16:13
REKRUITMEN POLITIK DI TANAH PAPUA
Tentu kita semua ketahui bersama bahwa Rekruitmen Politik untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah. Untuk Papua tentu harus mendasari dengan ketentuan Pasal 28 ayat 3 dan 4 UU No 21 tahun 2001 jo UU No 2 tahun 2021 untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah,Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah.
suroso  Kamis, 3 Agustus 2023 0:39
Mafia Tanah Adat di Papua Harus Dilawan
Masyarakat adat telah hidup pada wilayah adatnya masing masing sejak leluhur tanpa saling mengganggu, pada waktu lalu upaya upaya penguasaan kadang berakhir dengan konflik fisik, namun harus diakui juga terjadi juga migrasi dari satu wilayah adat ke wilayah adat lain, karena konflik dalam keluarga atau saat perang hongi.dll.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan