Home Mimika Pembentukan Asosiasi MRP se-Tanah Papua

Pembentukan Asosiasi MRP se-Tanah Papua

suroso  Rabu, 24 April 2024 21:52 WIT
Pembentukan Asosiasi MRP se-Tanah Papua

MIMIKA - Bertempat di Hotel Cendrawasih 66 Mimika, Kwamki, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika Rabu, 25 April 2024, Majelis Rakyat Papua (MRP) se Papua menggelar pembentukan asosiasi MRP se-tanah Papua.


Kegiatan ini dihadiri pimpinan MRP se Papua, para anggota MRP se-tanah Papua, anggota DPRP kursi Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Papua dan Papua Barat, Bupati Mimika, Ketua DPRD Mimika, para Ketua KPUD provinsi se tanah Papua, dan undangan lainnya.


Dalam sambutannya, Ketua MRP Provinsi Papua Tengah, Agustinus Anggaibak mengatakan, Lembaga MRP merupakan lembaga representasi kultur orang asli Papua yang dibentuk berdasarkan Undang-undang nomor 21 tahun 2001, sebagaimana telah dirubah dengan UU nomor 2 tahun 2021 tentang Perubahan atas Undang-undang nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua dan Tujuan dari lahirnya UU Otsus bagi Provinsi Papua untuk memproteksi hak-hak dasar OAP, berupa hak politik, hak ekonomi, hak sosial budaya, hak adat dan Hak Asasi Manusia (HAM) secara umum.


Lanjutnya, setelah kurang lebih dari 23 tahun penyelenggaraan Otsus di Papua, realitanya kurang bahkan tidak berjalan sesuai dengan Roh Otsus yang mendorong lahirnya UU dimaksud. Selain undang-undang ini dalam pelaksanaannya tidak berjalan sesuai dengan amanat undang-undang dimaksud, pada sisi lain terdapat pula hal-hal yang kurang, bahkan tidak mengakomodir hak-hak dasar OAP, sehingga dipandang perlu adanya pokok-pokok pikiran baru yang berpihak kepada OAP dalam rangka penyempurnaan UU Otsus dan peraturan pelaksanaannya.


Agustinus Anggaibak menambahkan, dari kondisi ini, menjadi motivasi para pimpinan dan anggota MRP setanah Papua untuk membentuk asosiasi pimpinan MRP sebagai sarana untuk memperjuangkan hak-hak dasar orang asli Papua yang belum diproteksi dalam UU Otsus melalui penyempurnaan UU dimaksud.


Dalam memperjuangkan hak-hak dasar OAP yang belum terakomodir dalam UU Otsus dipandang perlu melakukan penyamaan persepsi untuk mempersiapkan hal-hal yang terkait dengan perubahan dan diperjuangkan secara bersama-sama ke pemerintah pusat.


Dari pandangan di atas dapat menunjukan kepada kita, bahwa betapa pentingnya pembentukan asosiasi ini sebagai salah satu wadah yang sangat penting dan strategis untuk memperjuangkan secara bersama-sama guna terwujudnya pemenuhan hak-hak dasar OAP.


Mengingat pentingnya pembentukan asosiasi MRP setanah Papua ini, maka diharapkan melalui pertemuan ini dapat menghasilkan pokok-pokok pikiran yang menjadi bahan bagi kita untuk disampaikan kepada pemerintah pusat dan DPR-RI di Jakarta.(rob)

suroso  Rabu, 15 Mei 2024 16:13
REKRUITMEN POLITIK DI TANAH PAPUA
Tentu kita semua ketahui bersama bahwa Rekruitmen Politik untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah. Untuk Papua tentu harus mendasari dengan ketentuan Pasal 28 ayat 3 dan 4 UU No 21 tahun 2001 jo UU No 2 tahun 2021 untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah,Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah.
suroso  Kamis, 3 Agustus 2023 0:39
Mafia Tanah Adat di Papua Harus Dilawan
Masyarakat adat telah hidup pada wilayah adatnya masing masing sejak leluhur tanpa saling mengganggu, pada waktu lalu upaya upaya penguasaan kadang berakhir dengan konflik fisik, namun harus diakui juga terjadi juga migrasi dari satu wilayah adat ke wilayah adat lain, karena konflik dalam keluarga atau saat perang hongi.dll.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan