Home Nabire Musrenbang RPJPD Papua Tengah 2025-2045 Ditutup

Musrenbang RPJPD Papua Tengah 2025-2045 Ditutup

suroso  Rabu, 15 Mei 2024 21:37 WIT
Musrenbang RPJPD Papua Tengah 2025-2045 Ditutup

NABIRE - Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Papua Tengah, pada Selasa (14/5/2024) menutup kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD Provinsi Papua Tengah tahun 2025 - 2045, bertempat di Gedung Aula LPP RRI Nabire.


Kegiatan RPJPD Papua Tengah tersebut dihadiri Pj Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk,S.Sos.,MM, diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, SDM dan Pengembangan Otsus Provinsi Papua Tengah, Ukkas, S.Sos.,M.Ki.


Dalam sambutannya Pj Gubernur Papua Tengah mengatakan, hari ini telah dilaksanakan tahapan Musrenbang RPJPD, sehingga dapat mempertajam visi, misi, arah kebijakan serta sasaran pokok dari dokumen RPJPD Provinsi Papua Tengah tahun 2025-2045.


Ribka Haluk dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, SDM dan Pengembangan Otsus Provinsi Papua Tengah, Ukkas, dalam menyempurnakan dokumen RPJPD ini, pemerintah memerlukan dukungan dan masukan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk lembaga non-pemerintah, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan masyarakat. Penyempurnaan ini akan menghasilkan rancangan akhir dokumen RPJPD yang akan ditetapkan sesuai jadwal.


Proses penyusunan RPJPD telah melewati tahap rancangan awal dan konsultasi dengan pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, yang kemudian diperbaiki menjadi dokumen rancangan. Musrenbang ini bertujuan mempertajam visi, misi arah kebijakan, serta sasaran pokok dari dokumen RPJPD tersebut.


Hasil Musrenbang menyepakati visi RPJPD Papua Tengah 2025-2045, yaitu 'Terwujudnya Papua Tengah Adil, Berdaya Saing, Maju dan Berkelanjutan," dengan 8 misi, 17 arah pembangunan, 95 arah kebijakan dan 45 sasaran pokok.


Semua ini akan dilaksanakan di setiap kabupaten se Papua Tengah, disesuaikan dengan masing-masing. Karakteristik daerah, Penjabat Gubernur Papua Tengah memberikan apresiasi tinggi atas partisipasi semua pihak dan menekankan pentingnya kerjasama dalam mencapai tujuan pembangunan 20 tahun ke depan.


Ribka Haluk menegaskan bahwa dokumen ini akan menjadi penunjuk arah, dan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana yang telah disusun. Gubernur juga mengingatkan pentingnya dukungan luas dari para bupati dan seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat dalam membangun Papua Tengah melalui pendekatan kolaboratif, sesuai pepatah 'berat sama dipikul, ringan sama dijinjing'.


"Saya selaku penjabat Gubernur Papua Tengah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas semangat dan partisipasi bapak dan ibu sekalian. Selanjutnya, pemerintah Provinsi Papua Tengah yang sesuai kewenangannya juga akan bersama-sama bekerja keras melakukan tugas pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang lebih cepat dan tepat. Saya ingatkan kembali sebagai penegasan, dokumen ini semacam penunjuk arah di awal, agar dalam setiap tahuann maupun per periode dokumen, merencanakan kegiatan harus sesuai," harap Ribka Haluk.(rob)

suroso  Rabu, 15 Mei 2024 16:13
REKRUITMEN POLITIK DI TANAH PAPUA
Tentu kita semua ketahui bersama bahwa Rekruitmen Politik untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah. Untuk Papua tentu harus mendasari dengan ketentuan Pasal 28 ayat 3 dan 4 UU No 21 tahun 2001 jo UU No 2 tahun 2021 untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah,Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah.
suroso  Kamis, 3 Agustus 2023 0:39
Mafia Tanah Adat di Papua Harus Dilawan
Masyarakat adat telah hidup pada wilayah adatnya masing masing sejak leluhur tanpa saling mengganggu, pada waktu lalu upaya upaya penguasaan kadang berakhir dengan konflik fisik, namun harus diakui juga terjadi juga migrasi dari satu wilayah adat ke wilayah adat lain, karena konflik dalam keluarga atau saat perang hongi.dll.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan