Home Nabire ASN Setda Deiyai Mengikuti Pelatihan Jurnalis

ASN Setda Deiyai Mengikuti Pelatihan Jurnalis

suroso  Minggu, 26 Mei 2024 21:26 WIT
ASN Setda Deiyai Mengikuti Pelatihan Jurnalis

DEIYAI - Dalam rangka meningkatkan kemampuan para Aparatur Sipil Negera (ASN) dalam menulis berita kegiatan pemerintah maupun, bahkan mampu mendokumentasi serta mempublikasi kegiatan yang dilaksanakan di masing masing OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Deiyai khususnya, para ASN Staf Humas Setda bersama keterwakilan ASN dari masing-masing OPD belum lama ini mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik selama sehari, bertempat di Aula Pemda Deiyai, Provinsi Papua Tengah.


Kegiatan pelatihan jurnalistik dibuka langsung Pj Bupati Deiyai, Elimelek Edowai, S.Sos, diwakili Plh Sekda Deiyai, Melianus Pakage ini dihadirkan sebagai pemateri pelatihan jurnalis,  wartawan aktif di salah satu media di Papua, yakni Jubi dan Wagadei.com, Abet A. You, telah mampu membeberkan dan membagi pengalamannya melalui materi diberikannya, berjalan alot dan lancar.


Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Deiyai, Elimelek Edowai melalui sambutannya dibacakan Plt Sekda, Melianus Pakage menyampaikan, di era saat ini, era keterbukaan informasi. Sehingga penyebaran informasi, baik itu melalui media cetak, online, elektronik (Tv, radio), bahkan media sosial lainnya, sangat penting dan sangat dibutuhkan dan diperlukan.


Mengingat perkembangan informasi dan teknologi yang semakin pesat, maka sangat diapresiasi kepada Bagian Humas dan Protokoler Setda atas penyelenggaraan kegiatan pelatihan jurnalistik yang amat bermanfaat bagi para peserta pelatihan.


Karena melalui kegiatan ini, tentu para peserta akan dapat meningkatkan salah satu skil dalam kemampuan menulis, meliput, mendokumentasi, mempublikasi, terutama dalam kemampuan menuangkan melalui sebuah tulisan yang baik, sistematik, rapi dan enak dibaca para pembaca.


Sehingga pelaksanaan kegiatan pelatihan jurnalis ini, terbantu dan tertunjang dalam  menjalankan tugas selanjutnya bagi para staf Humas bahkan juga peserta dari OPD lainnya, terutama mampu menulis kegiatan yang dilaksanakan dari masing-masing OPD untuk mempublikasikan melalui media cetak, online, elektronik, media sosial lainnya.


Sementara itu, pemateri yang juga adalah wartawan sebelum memulai menyajian materi pelatihan menyampaikan  motivasi, harapan kepada para peserta pelatihan, terus berkembang  menulis.


"Saya harapkan skill menulis ini harus berkembang setiap saat, jangan hanya saat pelatihan seperti ini saja, dimana pun berada.  Mulai latihan dengan menulis berita kegiatan apa saja. Setiap enggel berita harus dengan rumus 5W+1H, agar mampu mengalisa  dan jabarkan secara sistematis dalam penulisannya," katanya
dalam materinya.


Para peserta mengikuti materi tentang cara menulis berita dan cara meliput berita, teknis penulisan lainnya dan cara mendokumentasikannya dan materi terkait lainnya. Selama sejam lebih, telah mengikuti dengan baik dan alot.


Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekda Kbupaten Deiyai, Daniel Bunai mengatakan, pelaksanaan pelatihan jurnalistik ini agar dapat meningkatkan kemampuan skil menulis bagi ASN di bagian Humas maupun ASN di sejumlah OPD yang ada, agar mereka juga mampu menulis berita tentang kegiatn yang dilaksanakan di masing-masing OPD.


"Setiap ada kegiatan dari masing-masing OPD jangan hanya staf Humas saja yang dapat meliput kegiatan dan menulis beritanya untuk dipublikasikan, tetapi para ASN lainnya juga mampu memiliki skil dalam menulis kegiatannya," ungkapnya.


Dia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada penyaji materi dan juga kepada para peserta pelatihan yang telah mengikuti materi dengan baik.
"Saya berharap agar para peserta mampu mengimplementasikan dengan baik dan mampu mempunyai skil menulis agar selanjutnya dapat menjalankan tugas peliputan dan mampu menulis berita dengan baik, enak dibaca serta tetap lancar sesuai tugasnya. Tetap semangat dan mampu menulis dengan baik," harapnya.(hbb)

suroso  Jumat, 14 Juni 2024 12:43
Upaya Kongkrit Menurunkan angka kesakitan akibat Malaria Menuju Eliminasi Malaria di Kabupaten Nabire 2030
Malaria merupakan penyakit menular yang berpotensi fatal dan banyak terjadi di daerah tropis dan subtropis. Setidaknya 270 juta orang di seluruh dunia menderita malaria, dan lebih dari 2 miliar orang, atau 42% populasi dunia, berisiko terkena malaria. WHO mencatat antara satu hingga dua juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles.: Beberapa orang sering menderita penyakit malaria, dengan gejala khas berupa peningkatan suhu tubuh sementara disertai mual dan muntah. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina yang menunjukkan gejala khas. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO, 2020) tentang kasus malaria di seluruh dunia. Pada tahun 2019, terdapat sekitar 229 juta kasus infeksi malaria di 87 negara endemis malaria, dibandingkan dengan 238 juta kasus pada tahun 2000.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan