Home Papua Tengah Papua Tengah Resmi Bentuk FKUB, Siap Jaga Kerukunan Umat Beragama

Papua Tengah Resmi Bentuk FKUB, Siap Jaga Kerukunan Umat Beragama

suroso  Minggu, 9 Juni 2024 22:36 WIT
Papua Tengah Resmi Bentuk FKUB, Siap Jaga Kerukunan Umat Beragama

NABIRE - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) merupakan lembaga yang dibentuk atas kerjasama Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri dan FKUB bertugas membantu kepala daerah, dalam hal ini gubernur, untuk mewujudkan kerukunan umat beragama di daerah.


Pembentukan FKUB Provinsi Papua Tengah menjadi langkah strategis dalam menciptakan harmoni diantara berbagai komunitas agama di wilayah ini. Dalam pembentukan FKUB Provinsi Papua Tengah, Kamis (6/6/2024), ada empat poin utama yang menjadi tugas pokok lembaga FKUB tersebut.


Pertama, dialog intensif dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat, FKUB diharapkan selalu melakukan dialog yang intens dengan para pemuka agama dan tokoh masyarakat di seluruh kabupaten se-Provinsi Papua Tengah.


Kedua, sistem penampung aspirasi, yakni menciptakan sistem yang dapat menampung seluruh aspirasi dari organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan masyarakat secara langsung.


Selanjutnya, penyaluran aspirasi, dalam artian menyalurkan aspirasi hasil dialog dengan para pemuka agama, Ormas, dan masyarakat dalam bentuk rekomendasi untuk pengambilan kebijakan oleh gubernur atau kepala daerah.


Dan berikut, sosialisasi kebijakan keagamaan, yakni melakukan sosialisasi peraturan, pandangan dan kebijakan di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama.


Setelah terbentuknya FKUB Provinsi Papua Tengah, langkah selanjutnya adalah menyusun program kerja untuk jangka panjang maupun jangka pendek, disertai langkah-langkah strategis yang konkret untuk pelaksanaannya.


Oleh karena itu, Penjabat Gubernur Papua Tengah berharap, FKUB Provinsi Papua Tengah dapat memberikan kontrol dan masukan kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah. Selain itu, diperlukan komunikasi dua arah antara FKUB dan pemerintah provinsi dalam menyampaikan aspirasi demi kepentingan pembangunan di wilayah ini.


Pj Gubernur Provinsi Papua Tengah Dr. Ribka Haluk, Sos.,MM dalam sambutannya dibacakan Asisten I Setda, Ausilius You, S.Pd., M.M,M.H mengatakan, pentingnya sinergitas melalui komunikasi dan koordinasi yang intens dan baik menjadi kunci dalam menjalankan tugas FKUB.


Pemerintah Provinsi Papua Tengah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Badan Kesbangpol Provinsi Papua Tengah yang telah memfasilitasi pembentukan FKUB, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.


Dengan terbentuknya FKUB Provinsi Papua Tengah, diharapkan dapat menciptakan kedamaian dan kesatuan dalam kehidupan antar umat beragama di provinsi ini. Semoga kerukunan yang terjalin dapat memperkuat persatuan dan kesejahteraan di Provinsi Papua Tengah yang kita cintai.(rob)

suroso  Rabu, 3 Juli 2024 2:43
Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Guru Rendah
Penulis : Wiantri Viami Amin, S.Pd Tingkat kehadiran guru ke sekolah yang masih rendah merupakan salah satu permasalahan yang masih sering terjadi di Papua terkait mutu guru. Beberapa guru memiliki alasan jarak sekolah dengan kediaman yang jauh dan sepi merupakan salah satu alasan dari kurangnya kehadiran guru.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan