Home Nabire Perda Retribusi Peternakan Disosialisasikan

Perda Retribusi Peternakan Disosialisasikan

suroso  Minggu, 9 Juni 2024 22:48 WIT
Perda Retribusi Peternakan Disosialisasikan

NABIRE - Peraturan Daerah (Perda) tentang Retribusi Bidang Peternakan Tahun Anggaran 2024 disosialisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Nabire melalui Dinas Peternakan Kabupaten Nabire. Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Drh. I Dewa Ayu Dwita K.M, Jumat (7/06/2024) di Hotel Mahavira II.


Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh 50 orang peserta, diantaranya pelaku usaha, pemotong sapi, pemotong babi, serta pemasok dan penjual babi hidup di pasar hewan dengan menggunakan fasilitas pemerintah.


Dalam sambutannya, I Dewa Ayu Dwita menyampaikan, sosialisasi ini memiliki tujuan penting dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah dari sektor peternakan, serta menjadi landasan yang kuat dalam mengoptimalkan potensi peternakan di Nabire,


"Saya selaku Kepala Dinas Peternakan Nabire mengajak bapak/ibu untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan peraturan daerah dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. Mari jadikan retribusai bidang peternakan menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD)yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan,"┬Łtambahnya.


Dalam penyampaian materi, Dwita menyampaikan, ada tiga potensi peternakan yang ada di Nabire yang bisa dikembangkan, seperti ketersediaan lahan yang luas, jenis ternak yang bisa dikembangkan, seperti sapi, babi, unggas dan burung wallet serta  pemintaan pasar lokal yang terus meningkat.


Tantangan besar penjual dan peternak yang ada di Nabire, lanjut Dwita, keterbatasan teknologi dalam pengelolaan peternakan, insfratruktur yang masih kurang memadai, serta perubahan iklim yang dapat mempengaruhi produksi ternak.


"Untuk penjagal babi, saya berharap jangan pernah datangkan babi dan olahan daging babi dari luar Nabire, jangan sampai kabupaten Nabire terkena virus ASF, seperti Timika dan Jayapura. Kabupaten  Nabire daerah beresiko tinggi terkena virus ASF," tambahnya.


Materi retribusi peternakan dilanjutkan oleh Fransisco M. Maker, S.Pt.Mp, selaku Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Peternakan Kabupaten Nabire. Dalam pemaparannya, akan melakukan pemungutan retribusi yang segera dilaksanakan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Nabire, atas dasar Perda Kabupaten Nabire dimaksud.


Kata Fransisco, reribusi kandang sapi, kerbau, kuda, per harinya Rp10.000. Kandang kambing, babi per harinya Rp7.000. Rumah inap hewan ternak per harinya Rp10.000.

Timbangan setiap satu ekor sapi, kerbau, kuda per hari Rp3000. Timbangan setiap satu ekor kambing, babi Rp 2000. Desinfektan setiap satu ekor sapi, kerbau, kuda per hari Rp3000. Desinfektan satu ekor kambing babi Rp2000.


"Serta untuk pemeriksan sapi kerbau per ekor Rp30.000, pemeriksaan kambing domba Rp15.000, pemeriksan ternak babi Rp25.000, pemeriksan unggas potong Rp1.000," tambahnya.


Dari hasil kegiatan, pelaku usaha peternakan selaku peserta sosialisasi menyepakati waktu pemungutan retribusi, terhitung sehari setelah kegiatan sosialisasi dilaksanakan, dengan memperkenalkan tiga pemungut resmi Dinas Peternakan Kabupaten Nabire.(amd)

suroso  Jumat, 14 Juni 2024 12:43
Upaya Kongkrit Menurunkan angka kesakitan akibat Malaria Menuju Eliminasi Malaria di Kabupaten Nabire 2030
Malaria merupakan penyakit menular yang berpotensi fatal dan banyak terjadi di daerah tropis dan subtropis. Setidaknya 270 juta orang di seluruh dunia menderita malaria, dan lebih dari 2 miliar orang, atau 42% populasi dunia, berisiko terkena malaria. WHO mencatat antara satu hingga dua juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles.: Beberapa orang sering menderita penyakit malaria, dengan gejala khas berupa peningkatan suhu tubuh sementara disertai mual dan muntah. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina yang menunjukkan gejala khas. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO, 2020) tentang kasus malaria di seluruh dunia. Pada tahun 2019, terdapat sekitar 229 juta kasus infeksi malaria di 87 negara endemis malaria, dibandingkan dengan 238 juta kasus pada tahun 2000.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan