Home Nabire Bappeda Gelar Bimtek dan Penerapan Pilot Project

Bappeda Gelar Bimtek dan Penerapan Pilot Project

suroso  Rabu, 12 Juni 2024 21:48 WIT
Bappeda Gelar Bimtek dan Penerapan Pilot Project

NABIRE - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nabire, Rabu (12/6/2024) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan penerapan pilot project layanan tematik. Kegiatan ini sendiri guna mendorong inovasi daerah untuk pencapaian tujuan penyelenggaraan otonomi daerah.


Hal ini seperti terang Kepala Bappeda Nabire, Dr. H. Mukayat, S.Pd.,M.Pd,M.Si, di sela-sela Bimtek yang dilaksanakan di Aula Bappeda Nabire.


"Kegiatan Bimtek guna mendorong inovasi daerah untuk pencapaian tujuan penyelenggaraan otonomi daerah, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah," ujarnya.


Kepala Bappeda menambahkan, kegiatan ini memiliki tujuan, yakni melaksanakan uji coba layanan, pemerintahan elektronik yang telah dibangun oleh Kemendagri, untuk dimanfaatkan oleh daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).


"Tema layanan yang diterapkan adalah pendapatan daerah (e-patda), data tunggal kemiskinan (e-vaksin), (e-ternak) dan BUMdes (e-BUMdes) pada tahun 2024," ucap Mukayat.


Lanjutnya, calon daerah yang dipilih sebagai daerah penerapan pilot project, layanan aplikasi yang dimaksud terdiri dari Kabupaten Nias, Kabupaten Sigi, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Belu, dan Kabupaten Nabire.


Dalam hal ini, Kepala Bappeda mengharapkan, kesediaan dan kesiapan daerah saudara, untuk dapat bersama-sama dengan badan strategi kebijakan kementerian dalam begeri, melaksanakan kegiatan dimaksud, terlampir format konfirmasi kesediaan dan materi keterangan yang dibutuhkan.


Di kesempatan yang sama, Tim Ahli Kemendagri, Nuril Fikri Aulia, SE,M.Si, menyampaikan memberikan layanan aplikasi yang digunakan secara gratis, dan juga dari Bapenas, didahulukan pada daerah 3T.


"Misalkan sudah diuji coba di daerah 3T, maka akan disebarluaskan kepada seluruh daerah lain yang membutuhkan," pungkasnya.
Dalam acara ini dihadiri beberapa kepala dinas terkait, mulai dari Dinas Sosial, Dinas Peternakan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan pihak Bappeda sendiri.(sam)

suroso  Rabu, 3 Juli 2024 2:43
Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Guru Rendah
Penulis : Wiantri Viami Amin, S.Pd Tingkat kehadiran guru ke sekolah yang masih rendah merupakan salah satu permasalahan yang masih sering terjadi di Papua terkait mutu guru. Beberapa guru memiliki alasan jarak sekolah dengan kediaman yang jauh dan sepi merupakan salah satu alasan dari kurangnya kehadiran guru.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan