Home Papua Tengah Pj Gubernur Ribka Haluk Sebut Rapat Monev APBD 2024 Forum Percepatan Pembangunan Papua Tengah

Pj Gubernur Ribka Haluk Sebut Rapat Monev APBD 2024 Forum Percepatan Pembangunan Papua Tengah

suroso  Sabtu, 15 Juni 2024 10:33 WIT
Pj Gubernur Ribka Haluk Sebut Rapat Monev APBD 2024 Forum Percepatan Pembangunan Papua Tengah

NABIRE - Penjabat Gubernur Dr Ribka Haluk, S.Sos, MM yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Papua Tengah Ausilius You, S.Pd, MM, MH, Kamis 13 Juni 2024 membuka kegiatan Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Percepatan Penyerapan APBD Papua Tengah Tahun Anggaran 2024 di Gedung Aula Setda Provinsi Papua Tengah. 

Rapat Monev tersebut dihadiri,Pelaksana Harian Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Dr Drs Horas Maurits Panjaitan, M.Ec.Dev dan Kasubdit Wilayah IV Direktorat Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Anwar Musadad, S.STP, MPP, Ph.D., Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda Direktorat Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagr Muhamad Zulfan Arief, S.Sos, M.Si, analis Laporan  Realisasi Anggaran Direktorat PelaksanaanZulfan Arief, S.Sos, M.Si, analis Laporan Realisasi Anggaran Direktorat Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Yuni Rohaeni, S.Si serta para fasilitator dan analis Ditjen Bina Keuangan Daerah. 

Rapat monitoring dan evaluasi diselenggarakan Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Provinsi Papua Tengah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

"Pelaksanaan rapat monitoring dan evaluasi percepatan penyerapan APBD Provinsi Papua Tengah Tahun Anggaran 2024 ini merupakan forum percepatan pembangunan Papua Tengah," ujar Ribka Haluk dalam sambutannya yang dibacakan Ausilius You sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Papuapos Nabire Jumat (14/6/24).kemarin

Dikatakan Ausilius, APBD adalah rencana keuangan tahunan pemerintah yang merupakan daftar sistematis dan terperinci merupakan daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran daerah selama kurun waktu satu tahun. la juga menyampaikan apresiasi fasilitator dan peserta yang hadir dalam rapat tersebut.

"Anggaran yang sudah ditetapkan dalam APBD diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan segala sumberdaya dan dana guna mendukung pembangunan di Papua Tengah," kata Ausilius You, mantan Penjabat Bupati Kabupaten Mimika.

Ausilius menambahkan, APBD Provinsi Papua Tengah ditetapkan berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 4 Tahun 2024. Besaran alokasi belanja daerah sebesar Rp 4.820.033.558.744,00. Hingga kini, baru terealisasi Rp 437.521.984.164,00 atau sebesar 17,62 persen.

Kondisi tersebut, kata Ausilius, tentu tidak menguntungkan karena sesungguhnya APBD diharapkan dapat menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi nasional di tengah peningkatan dampak risiko global. Agar dapat memenuhi tujuan tersebut, idealnya realisasi belanja atau penyerapan anggaran merata dan proporsional sepanjang tahun anggaran.

"Dengan realisasi belanja yang merata dan proporsional akan mendorong terwujudnya peran pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, penyerapan anggaran yang sangat lambat serta tidak merata dan tidak proporsional menjadi isu penting dalam mewujudkan belanja yang berkualitas," katanya.

Permasalahan besar dalam pelaksanaan anggaran saat ini adalah penyerapan anggaran yang tidak merata dan menumpuk sehingga tidak menumpuk di akhir tahun anggaran.

"Upaya berikutnya adalah adanya pengawasan dan pengendalian. Pengawasan dilakukan oleh unit di atasnya, sejauh mana OPD dapat melaksanakan rencana kegiatan yang sudah direncanakan. Peningkatan sistem pengendalian internal yang memadai dari auditor inspektorat daerah sangat diperlukan dalam hal mengawal proses pelaksanaan kegiatan dan mengantisipasi hal- hal yang menghambat kelancaran pelaksanaan kegiatan," kata Ausilius.

Ausilius juga mengatakan, pihaknya berharap agar rapat monitoring dan evaluasi percepatan penyerapan APBD Papua Tengah tahun 2024 menjadi momen strategis untuk menguatkan sinergitas antar instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tengah. 

"Melalui kesempatan ini saya menitip pesan kepada para kepala OPD untuk bekerja lebih keras lagi melaksanakan semua kegiatan pada pelaksanaan belanja APBD yang sudah direncanakan di masing-masing lingkungan OPD," ujar Ausilius.(rob) 

suroso  Rabu, 3 Juli 2024 2:43
Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Guru Rendah
Penulis : Wiantri Viami Amin, S.Pd Tingkat kehadiran guru ke sekolah yang masih rendah merupakan salah satu permasalahan yang masih sering terjadi di Papua terkait mutu guru. Beberapa guru memiliki alasan jarak sekolah dengan kediaman yang jauh dan sepi merupakan salah satu alasan dari kurangnya kehadiran guru.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan