Home Papua Tengah Pj Gubernur Ribka Haluk Dorong PT. Freeport Rekrut Tenaga Kerja OAP

Pj Gubernur Ribka Haluk Dorong PT. Freeport Rekrut Tenaga Kerja OAP

suroso  Minggu, 16 Juni 2024 10:50 WIT
Pj Gubernur Ribka Haluk Dorong PT. Freeport Rekrut Tenaga Kerja OAP

Gresik - Pemerintah Provinsi Papua Tengah, yang menjadi lokasi operasional PT Freeport Indonesia (PTFI), terus mendorong kolaborasi erat dengan perusahaan tambang raksasa tersebut yang berada di wilayah Provinsi Papua Tengah.15 Juni 2024 kemarin.

Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM,menekankan pentingnya kerja sama ini dalam pertemuan dengan Director & EVP Sustainable Development PTFI, Claus Wamafma, dan jajaran PTFI di Smelter PTFI Gresik, Jawa Timur,Sabtu (15/06/2024).

Dikatakan Ribka Haluk menyampaikan bahwa Papua Tengah memiliki kepentingan besar untuk membangun sinergi dengan PTFI, terutama dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah tersebut. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden untuk menangani isu-isu penting seperti stunting dan pengangguran di Papua Tengah.

Tak hanya itu Ribka Haluk juga mengungkapkan keinginannya agar PTFI memberikan kesempatan kerja kepada anak-anak asli Papua, khususnya di Smelter. Ribka Haluk Juga berharap PTFI dapat menyediakan kuota khusus bagi tenaga kerja lokal yang masih menganggur.

"Untuk provinsi Papua Tengah, kami punya satu masalah sumber daya manusia. Presiden sudah menyampaikan beberapa urusan yang harus kami kerjakan seperti penanggulangan stunting dan pengangguran. Ibu berharap, Freeport bisa memperhatikan SDM di Papua Tengah khususnya mereka yang masih menganggur," ujar Ribka Haluk.

"Saya ingin bagaimana tenaga-tenaga pengangguran kami, saya minta sebagai Gubernur mungkin ada kuota yang bisa disiapkan oleh PTFI untuk bisa merekrut tenaga-tenaga ini, khususnya di Smelter. Alangkah baik dan indahnya jika ada anak-anak Papua Tengah yang bisa dilibatkan di PTFI. Mereka bisa belajar sehingga punya skill dan wawasan. Harapan kita supaya Papua Tengah dan Papua bisa sama dengan wilayah Indonesia yang lainnya. Kira-kira kuotanya berapa yang bisa dikasih ke kami, nanti langsung bisa dikoordinasikan dengan Kepala Dinas Tenaga Kerja provinsi Papua Tengah," kata Ribka Haluk.

Menanggapi permintaan tersebut, Claus Wamafma menjelaskan bahwa PTFI terus berupaya menciptakan SDM berkualitas dari anak-anak Papua, salah satunya melalui Nemangkawi Mining Institute, yang saat ini 80% pesertanya adalah anak Papua.

"Untuk beberapa pekerjaan yang general itu bisa (direkrut), tetapi untuk yang spesifik seperti electrician, metalurgi, mechanicals, itu memang prosesnya harus panjang. Itu menjadi bagian yang akan terus kita diskusikan ke depannya," tandas Wamafma.

Dengan adanya dialog ini, diharapkan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Papua Tengah dan PTFI dapat semakin erat, serta memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas SDM dan mengurangi angka pengangguran di Papua Tengah.(rob)


suroso  Rabu, 3 Juli 2024 2:43
Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Guru Rendah
Penulis : Wiantri Viami Amin, S.Pd Tingkat kehadiran guru ke sekolah yang masih rendah merupakan salah satu permasalahan yang masih sering terjadi di Papua terkait mutu guru. Beberapa guru memiliki alasan jarak sekolah dengan kediaman yang jauh dan sepi merupakan salah satu alasan dari kurangnya kehadiran guru.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan