Home Dogiyai Poktan Tokapo II Panen Perdana Tanaman Kedelai

Poktan Tokapo II Panen Perdana Tanaman Kedelai

suroso  Kamis, 9 Februari 2017 9:29 WIT
Poktan Tokapo II Panen Perdana Tanaman Kedelai
MOANEMANI – Kelompok Tani (Poktan) Tokapo 2, Kampung Mauwa, Distrik Kamuu, Kabupaten Dogiyai, melakuan panen perdana tanaman kedelai.  Panen perdana dilakukan Asisten II Setda Dogiyai, Thobias F Bunapa, mewakili Bupati Dogiyai didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dogiyai, Emanuel Dogomo, S.Pt,M.Si di lahan usaha Poktan Tokapo 2 di Mauwa, 31 Januari lalu. Panen kedelai selain disaksikan oleh Poktan dari kampung dan distrik lain se Kabupaten Dogiyai, juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, perwakilan dari Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Dogiyai, perwakilan Bappeda Kabupaten Dogiyai, Koramil 1705-06 Kamuu diwakili Babinsa Mauwa, Dikihowo, Ekemanida dan Idakotu, staf dan tim teknis dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Dogiyai, dan 130 orang dari Poktan St Micahel binaan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dogiyai.Press realase yang diterima media ini, Minggu (5/2) saat panen perdana, Asisten II, Thobias Bunapa, mewakili Bupati Dogiyai mengatakan ketahanan usaha masyarakat petani agar mandiri harus konsisten, tekun dan disiplin dalam melakukan budidaya tanaman pertanian. Untuk menjadi seorang petani yang sukses, harus memahami pola usaha tani yang baik agar produksi pertaniannya meningkat yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dogiyai, Emanuel Dogomo, mengajak petani khususnya anggota kelompok tani untuk menerapkan pola usaha tani yang baik terutama penyiapan lahan, perbaikan saluran irigasi, penyiapan media tanam, dan pengaturan pola tanam.  Dogomo juga mengingatkan agar petani memperhatikan pemeliharaan tanaman yang meliputi penyulaman pembumbunan, penyiangan, pemupukan dengan pupuk organik padat maupun organik cair, pemberantasan hama dan penyakit dengan pola OPT dan pestisida nabati.Dogomo juga meminta petani untuk memperhatikan penangan panen dan pasca panen dengan baik agar produksi petani meningkat dan mampu bersaing di pasar.Komandan Rayon Militer (Danramil) Kamu lewat Babinsa Kampung Mauwa saat panen perdana tanaman kedelai mengatakan disamping tugas TNI untuk menjaga keamanan teritorial, TNI juga mempunyai peran tambahan yaitu TNI berkewajiban memerangi kerawanan pangan di daerah. Untuk itu, TNI siap membantu petani di dalam kegiatan Poktan dalam hal penyiapan lahan, media tanam, dan pasca panen.Oleh karena itu, Koramil Kamuu bertekad mendukung program nasional, program kementerian Pertanian khususnya komoditi PAJALE (padi, jagung, kedelai) serta tanaman pangan lainnya. Dengan demikian, masyarakat khususnya petani tidak perlu takut apabila anggota Koramil terjun ke kelompok tani dan membantu di dalam kegiatan. (ans)
suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
*) Oleh : Akbar Muram Dani, S.IP.*
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
PAW Anggota KPU Deiyai, Dilantik
suroso  Selasa, 22 Maret 2022 23:11
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan