Home Dogiyai DPRD Dogiyai Minta Temuan BPK Laporkan ke Dewan

DPRD Dogiyai Minta Temuan BPK Laporkan ke Dewan

suroso  Senin, 10 Februari 2020 8:50 WIT
DPRD Dogiyai Minta Temuan BPK Laporkan ke Dewan
NABIRE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dogiyai meminta kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk memberikan laporan temuan hasil pemeriksanaan pengelolaan keuangan kepada dewan setempat. Karena, DPRD Kabupaten Dogiyai membandingkan temuan BPK dengan hasil monitoring DPRD. Anggota DPRD Kabupaten Dogiyai Yusak Ernest Tebay, medio pekan lalu di Nabire mengatakan, hasil monitoring DPRD menemukan banyak kegiatan fiktif selama tahun anggaran 2018-2019. Oleh sebab itu, jika BPK dalam pemeriksanaan pengelolaan keuangan dan pelaksanaan kegiatan di lapangan, apabila ada temuan, BPK diminta untuk tidak merahasiakannya. Sebab, DPRD juga merupakan bagian dari pengawasan keuangan di daerah. Yusak Tebay yang terpilih untuk periode kedua ini menambahkan sekalipun ada kegiatan fiktif di lapangan, hasil pemeriksaan BPK malah tidak ada temuan. Padahal, kata Yusak, anggota dewan tahu ada dana dan kegiatan yang diprogramkan pemerintah eksekutif, tetapi kegiatan tersebut tidak dilaksanakan, tidak ada kegiatan. Ada kegiatan fiktif selama ini di lapangan, tetapi hasil pemeriksaan BPK, hampir tidak ada temuan.  Yusak menyebut, selama tahun anggaran 2018, ditemukan adanya 18 kegiatan fiktif dan selama tahun anggaran 2019 tidak pembangunan fisik. Oleh sebab itu, Tebay meminta BPK untuk memeriksa kegiatan fisik di lapangan, tidak sekedar adminstarsi keuangan daerah. Untuk membandingkan temuan DPRD Kabupaten Dogiyai, Tebay mengungkap, pembangunan 3 ruang kelas di SD YPPGI Adauwo, Distrik Mapia yang diprogramkan dalam tahun anggaran 2019 lalu, ternyata dana 25 persen sudah dikeluarkan tetapi tidak ada kegiatan, pembangunan jembatan Kali Teu di Distrik Mapia, sama sekali tidak dikerjakan, jembatan Kali Mapia antara Kampung Obaikagopa dan Wogei Distrik Mapia, tidak dikerjakan, jembatan Kali Pahau di Distrik Piyaiye dipindahkan ke Distrik Kamu Utara tetapi tidak dilaksanakan, ruang Laboratorium SMP Negeri 2 Mapia Tengah di Kampung Modio, Distrik Mapia Tengah, kerangka sudah berdiri tetapi tidak ada kelanjutan. Masih banyak, kata Yusak Tebay, kegiatan fiktif di lapangan. Oleh sebab itu, DPRD Kabupaten Dogiyai menunggu hasil pemeriksaan BPK, apakah BPK akan kerja positif, pemeriksaan antar laporan keuangan dengan hasil kerja di lapangan. Atau sebaliknya, hanya memeriksa laporan tertulis monitoring di kantor, tanpa ke lapangan. Dengan tegas, anggota dewan ini menyatakan, apabila kerja BPK tidak profesional, maka DPRD Dogiyai akan menganggap pemeriksaan keuangan di daerah hanya semata-mata lahan bisnis BPK.(ans)
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Rabu, 19 Januari 2022 4:54
Menata Kabupaten Deiyai yang Lebih Baik
Kita sebagai warga Kabupaten Deiyai yang berpiir rasional dan ebyektif, kita semua pasti sepakat mengani tiga hal, yakni (1) Kita sedang mengalami krisis kepemimpinan dalam politik dan pemerintahan,

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan