Home Jayapura Ubi Jalar Ungu Dari Papua Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh Manusia

Ubi Jalar Ungu Dari Papua Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh Manusia

suroso  Kamis, 2 April 2020 9:6 WIT
Ubi Jalar Ungu Dari Papua Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh Manusia
Jayapura – Ubi jalar ungu yang ditanam mama-mama Papua sangat bagus untuk dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas dalam menghadapi wabah covid 19.Ubi jalar ungu Papua sangat bagus dikonsumsi karena mengandung antosianin pemecahan senyawa beracun yang dapat menambah kekebalan tubuh.Dengan mengkonsumsi ubi jalar ungu Papua, daya tahan tubuh akan meningkat dan terlindung dari virus corona.Ubi jalar ungu Papua jangan dianggap remeh sebagai makanan kampung. Ubi jalar ungu Papua ini ternyata juga mengandung anthocyanin ascorbic dan beta-glucan yang efektif mencegah kolesterol dan penyakit jantung koroner.Di pegunungan tengah Papua, ubi jalar ungu bersama daging babi biasa dimasak dengan cara bakar batu.Daging babi kandungan lemaknya tinggi sekali, namun masyarakat pegunungan tengah Papua yang mengkonsumsi daging babi dan ubi jalar ungu, terhindar dari kolesterol dan terhindar dari penyakit jantung.Saat ini ubi jalar ungu Papua dengan keladi seolah-olah terpinggirkan dengan adanya beras. Dengan membeli dan mengkonsumsi ubi jalar ungu maka turut mengangkat  kesejahteraan mama-mama Papua petani ubi jalar ungu.Berdasarkan data arkeologi, diketahui ubi jalar sendiri mulai dibudidayakan di pegunungan tengah Papua sekitar 500 tahun yang lalu.Dalam upacara adat suku Dani di pegunungan tengah Papua, seperti perkawinan, kematian, pelantikan kepala suku, penyambutan tamu, pesta panen, dan festival budaya, ubi jalar merupakan bahan pangan utama yang dimasak bersama beberapa ekor babi (wam) dengan cara “bakar batu” (wam ebe ekho).Memasak dengan bakar batu diawali dengan membuat lubang dalam tanah. Lubang ini dialasi daun-daunan, kemudian diisi dengan batu yang sebelumnya telah dipanaskan dalam api. Di atas batu panas ditaruh daun ubi jalar, di atas daun ubi jalar ditaruh ubi jalar dan daging babi.Seluruh bahan makanan tadi ditutup dengan daun ubi jalar, di atas daun ubi jalar ditaruh batu panas. Keberadaan ubi jalar dan babi sudah menyatu dengan kehidupan orang Dani sehingga susah terpisahkan dan sudah menjadi identitas bagi mereka. (Hari Suroto)
suroso  Rabu, 3 Juli 2024 2:43
Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Guru Rendah
Penulis : Wiantri Viami Amin, S.Pd Tingkat kehadiran guru ke sekolah yang masih rendah merupakan salah satu permasalahan yang masih sering terjadi di Papua terkait mutu guru. Beberapa guru memiliki alasan jarak sekolah dengan kediaman yang jauh dan sepi merupakan salah satu alasan dari kurangnya kehadiran guru.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan