Home Pemda Nabire Diskominfo Gelar Pelatihan Dasar Komputer dan Internet Bagi Aparat Kampung dan Masyarakat

Diskominfo Gelar Pelatihan Dasar Komputer dan Internet Bagi Aparat Kampung dan Masyarakat

suroso  Kamis, 5 Nopember 2020 4:58 WIT
 Diskominfo Gelar Pelatihan Dasar Komputer dan Internet Bagi Aparat Kampung dan Masyarakat

NABIRE - Bertempat di ruang rapat Setda Nabire, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire mengadakan kegiatan pelatihan dàsar komputer dan internet bagi aparat kampung dan masyarakat.

Kegiatan inidigelar selama tiga hari, mulai hari Rabu (4/11) hingga Jumat (6/11) besok.

Ketua Panitia, Mery Kusumastuti, S.Kom dalam laporan kegiatan mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja pemerintah daerah Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire tahun anggaran 2020.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini, untuk meningkatkan pemahaman tentang dasar-dasar komputer dan internet bagi masyarakat dan aparat kampung.

Sebagai upaya pengembangan pelayanan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Peserta pelatihan berjumlah 30 orang, terdiri dari masyarakat dan aparat Kampung Argo Mulyo Distrik Uwapa sebanyak 10 orang, masyarakat dan aparat Kampung Wanggar Pantai Distrik Yaro 10 orang dan masyarakat serta aparat Kampung Moor Distrik Moora 10 orang.

Narasumber atau pemateri berasal dari Dosen Uswim dan guru SMK N 1 Nabire jurusan teknik informatika.

Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tiga tahap.

Tahap pertama adalah pemberian teori komputer dasar, pengenalan aplikasi-aplikasi umum perkantoran dan pengenalan internet dasar.

Tahap kedua adalah mempraktekan teori yang telah diperoleh.

Tahap ketiga, pemasangan perangkat internet dan perangkat pendukung lainya di tiga kampung yang Kampung Argo Mulyo Distrik Uwapa, Kampung Wanggar Pantai Distrik Yaro dan Kampung Moor Distrik Moora.

Sumber dana kegiatan ini berasal dari DPA Dinas Komunikasi dan Informatika dana Otsus tahun anggaran 2020.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga kegiatan pelatihan dasar komputer dan internet bagi aparat kampung dan masyarakat dapat terlaksana,” tuturnya.

Sebagai kelanjutan pelatihan ini, kata dia, pihaknya akan melakukan pemasangan jaringan internet di tiga kampung yang telah mengikuti pelatihan.

Dengan fasilitas bandwidth selama satu tahun dan untuk tahun-tahun selanjutnya dimohon dapat diprogramkan pada APBD kampung.

Kegiatan pelatihan dasar komputer dan internet dibuka oleh Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos MAP diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire, Drs. Suwardi, M.Si.

Dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompotensi dikaitkan dengan bagaimana mengoperasikan komputer akses internet.

“Bapak ibu sekalian, di era sekarang ini perkembangan teknologi komunikasi informasi dan kemajuan ITE hingga kita suka tidak suka ikuti nantinya.

Sistem penyelenggaraan kampung kerinduan sudah lama tapi perkembangannya sekaran kita sudah rasakan sistem berbasis elektronik.

Artinya nanti kerja kita ini didominasi atau dibantu oleh kemajuan ITE,” tuturnya.

Untuk itu, Kominfo menyelenggarakan pelatihan dasar ini dalam rangka memberikan bekal.

Sekalipun kita tertinggal jauh, kita tidak tertinggal hingga kedepan.

Dan hari ini pun sudah dilaksanakan berkaitan dengan ITE ini mulai perlahan dari pusat hingga daerah.  

“Dan nantikan ada kampung Kadistrik selaku penanggung jawab di kampung atau lurah pasti sudah tahu itu semua akan berbasis dalam aplikasi dimana ada penembangan ITE dari kemajuan komputer itu," pungkasnya. (modes)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan